Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD

Authors

  • Nurul Mufatikhah Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus
  • Santoso Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Keywords:

strategi pembelajaran, guru , motivasi belajar PPKn

Abstract

Motivasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam mengiktuti pembelajaran. Tanpa adanya motivasi, sangat sulit bagi siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas IV dan 1 guru wali kelas IV SDN 2 Dorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn pada siswa sudah tersusun dengan baik, bahkan memiliki pengaruh positif terhadap siswa yang awalnya belum memiliki semangat belajar menjadi semangat dalam belajar bahkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan kondusif. Dalam proses belajar mengajar guru juga memberikan motivasi pada siswa berupa nilai, pujian, hadiah, dan mengetahui hasil. Dengan memberikan motivasi tersebut yang menjadikan siswa menjadi lebih semangat belajar PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97-104.

Aisah, R. N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ppkn Di Sd. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671-685.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806-809.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dinda, W. R., & Arifmiboy, A. (2023). Strategi Guru PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 863-870.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14-22.

Gurusinga, P., & Sibarani, R. (2011). Analisis rata-rata nilai fisika dengan metode ekspositori dan inkuiri di fakultas teknik universitas satya negara indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Satya Negara Indonesia, 4(2), 28-36.

Haidir, H., & Salim, S. (2014). Strategi pembelajaran (Suatu pendekatan bagaimana meningkatkan kegiatan belajar siswa secara trasnformatif).

Isjoni, J. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA fisika pada materi bunyi [Analysis of learning difficulties factors in natural science’s in wave sound]. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 46-50.

Lestari, A. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya Untuk Peningkatan Kualitas Lulusan Siswa SD Negeri N0 136917 Kota Tanjungbalai). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 1(3).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Ploetzner, R., & Schlag, S. (2013). Strategic learning from expository animations: Short-and mid-term effects. Computers & Education, 69, 159-168.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Issue

Section

Articles