Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667Abstract
Motivasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam mengiktuti pembelajaran. Tanpa adanya motivasi, sangat sulit bagi siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas IV dan 1 guru wali kelas IV SDN 2 Dorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn pada siswa sudah tersusun dengan baik, bahkan memiliki pengaruh positif terhadap siswa yang awalnya belum memiliki semangat belajar menjadi semangat dalam belajar bahkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan kondusif. Dalam proses belajar mengajar guru juga memberikan motivasi pada siswa berupa nilai, pujian, hadiah, dan mengetahui hasil. Dengan memberikan motivasi tersebut yang menjadikan siswa menjadi lebih semangat belajar PPKn.
Keywords:
strategi pembelajaran, guru , motivasi belajar PPKnDownloads
References
Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97-104.
Aisah, R. N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ppkn Di Sd. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671-685.
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806-809.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dinda, W. R., & Arifmiboy, A. (2023). Strategi Guru PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 863-870.
Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14-22.
Gurusinga, P., & Sibarani, R. (2011). Analisis rata-rata nilai fisika dengan metode ekspositori dan inkuiri di fakultas teknik universitas satya negara indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Satya Negara Indonesia, 4(2), 28-36.
Haidir, H., & Salim, S. (2014). Strategi pembelajaran (Suatu pendekatan bagaimana meningkatkan kegiatan belajar siswa secara trasnformatif).
Isjoni, J. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta
Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA fisika pada materi bunyi [Analysis of learning difficulties factors in natural science’s in wave sound]. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 46-50.
Lestari, A. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya Untuk Peningkatan Kualitas Lulusan Siswa SD Negeri N0 136917 Kota Tanjungbalai). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 1(3).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Ploetzner, R., & Schlag, S. (2013). Strategic learning from expository animations: Short-and mid-term effects. Computers & Education, 69, 159-168.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25.
Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194.
Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128.
Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Mufatikhah, Wawan Shokib Rondli, Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work