PENGARUH MODEL AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD

  • Maruli Tua Manullang Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Hasil Belajar, Audiotory, Intellectualy Repetition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2020/2021.Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik.Populasi kelas dengan jumlah siswa 48 Siswa.Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) termasuk kategori sangat baik dengan rata 81,84. Hasil koefisien korelasi sebebsar 0,703 artinya rhitung(0,774)≥ rtabelmaka haditerima.Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun.Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung> ttabelyaitu 4,845 ≥ 1,710 sehingga menyatakan bahwa Haditerima.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2020/2021.

Published
2020-11-30
How to Cite
Manullang, M. T., Silaban, P., & Sitepu, A. (2020). PENGARUH MODEL AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 469-474. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.572
Section
Articles