PENGARUH MODEL AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.572Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2020/2021.Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik.Populasi kelas dengan jumlah siswa 48 Siswa.Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) termasuk kategori sangat baik dengan rata 81,84. Hasil koefisien korelasi sebebsar 0,703 artinya rhitung(0,774)≥ rtabelmaka haditerima.Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun.Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung> ttabelyaitu 4,845 ≥ 1,710 sehingga menyatakan bahwa Haditerima.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dengan tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 096767 Bandar Hinalang Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2020/2021.
Keywords:
Hasil Belajar, Audiotory, Intellectualy RepetitionDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work