PENGARUH MODEL E-LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 106144

Authors

  • Aprida Laoli Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.567

Keywords:

Hasil belajar, E-Learning, Android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model E-Learning berbasis Android terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106144 Sei Mencirim pada bulan September 2020. Subjek penelitian berjumlah 165 siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes. Pengujian hipotesis digunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku dengan model E-Learning berbasis Android terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 85,71 sedangkan kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku tanpa menggunakan  model E-Learning berbasis Android terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 67,62. Selanjutnya pengujian hipotesis   adalah 5.700 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 .Oleh karena itu     yang diperoleh lebih besar dari     yaitu  5.154 ≥ 1.692  maka dapat disimpulkan bahwa model E-Learning berbasis Android berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 106144 tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian, model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada tema daerah tempat tinggalku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Laoli, A., Silaban, P., & Sipayung, R. (2020). PENGARUH MODEL E-LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 106144 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 441–448. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.567

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>