Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3014Abstract
IPA merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa sekolah dasar. Namun beberapa studi menerangkan bahwa hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta timur pada tahun ajaran 2021-2022 dengan sampel siswa kelas VA SDN Susukan 09 Pagi Jakarta timur sebanyak 29 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dengan soal berbentuk uraian. Dari penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan setelah pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning, dengan rata-rata hasil pre-test sebesar 70.86 sedangkan hasil post-test sebesar 85,56. Hasil pengujian hipotesis dengan t-test juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah penerapan model contextual teaching and learning. Dengan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di Kelas V SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur.
Keywords:
Hasil belajar IPA , Model Contextual Teaching and LearningDownloads
References
Aningsih, A., & Zahrani, M. (2019). Peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model contextual teaching and learning (CTL). Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 48-56.
Dewi, P. yulia A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26.
Djenawa, A. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 22-30.
Hamdani, A. R. (2015). Pengaruh Blended Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Air. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 48-66.
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974
Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630-640.
Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mapel ipa materi perubahan wujud benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57-66.
Manalu, R., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). analisis kesulitan-kesulitan belajar IPA siswa kelas iv dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157.
Nasri, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 27 Limau Asam. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 302-308.
Nursehah, U., Wijaya, S., & Sopia, S. (2021). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(2), 181-190.
Piaget, J. (1981). La teoría de Piaget. Infancia y aprendizaje, 4(sup2), 13-54.
Puspitasari, R. D. P. R. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Swasta Muhmmadiyah Pancur Batu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 199-209.
Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765.
Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11
Sailer, M., Schultz-Pernice, F., & Fischer, F. (2021). Contextual facilitators for learning activities involving technology in higher education: The C♭-model. Computers in Human Behavior, 121(October 2020), 106794. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106794
Sedana, Suwatra, & Suranata. (2013). Pengaruh Model CTL Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.839.
Simbolon, D. H. (2022). Studi Kesulitan Belajar Siswa SD Advent 6 Medan Dalam Belajar IPA. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 1, No. 1, pp. 30-1).
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59-72.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389-395.
Widiyati, C. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(1), 84-93.
Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864.
Yulkifli, Yanto, E., Agustia, R., Ihsan, I., & Yohandri. (2020). Development Of Electronic Physics Module For Class XI High School Semester 2 Using Model Inquiry Based Learning Integrated Approach Contextual Teaching And Learning. Journal of Research & Method in Education, 10(2), 41–52. https://doi.org/10.9790/7388-1002014152.
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Teguh Wijaya, Yulia Rahmadhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work