PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN

  • Artiputri Damanik Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas
  • Frederika Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas
  • patri silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran Problem Solving

Abstract

Hasil peneliian ini menunjukan adanya peningkatan hasil  belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negeri  096740 Sibirah. Hal ini di buktikan dari hasil peneltian yang dilakukan pada prates (tes awal) siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 6 siswa (23.07%) sedangkan 20 siswa (76,92%) mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 61,04. Pada proses siklus I meningkat menjadi  11 (42,30%) siswa yang tuntas sedangkan 15 siswa (57,69%) tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 68,26. Pada proses siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 22 siswa (84,61%) yang tuntas dan 4 siswa (15,39%) mendapatkan nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 80.53. selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I di peroleh rata-rata sebesar 80 (baik) dan observasi terhadap kegiatan siswa diperoleh  60 (cukup). Pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 86% (sangat baik) dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa juga meingkat menjadi 88%(baik). Dengan demikian dieroleh kesimplan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving terjadi peningkatn terhadap hasil belaja siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negeri  096740 Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Published
2020-11-29
How to Cite
Damanik, A., Simarmata, E., Sipayung, F., & silaban, patri. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 425-431. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.557
Section
Articles