Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.928Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan meta analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan adalah analisis Teknik Effect Size dengan rumus effect size yang digunakan formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat (ń2). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah inrumens pemberian kode (coding data). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil model pembelajaran Problem Posing lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Dari Uji Ancova dari nilai rata-rata eksperimen 2 model pembelajaran Problem Posing 79.6380 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai dari model pembelajaran Problem Solving 77.0840. dari hasil perhitungan Hipotesis menggunakan Uji Ancova dengan menggunakan Univariate menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar 0,05 (0,571>0,05). Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji Ancova dengan Univariete yang menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,571 > 0,05). Dari uji Ancova menunjukkan F hitung 1. 608 > 4,64. Dan signifikasi 0,571 > 0,05 yang menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.
Keywords:
Meta Analisis, Problem Solving, Problem Posing, Berpikir KritisDownloads
References
Novikasari, I. 2009. JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF KEPENDIDIKAN. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Vol. 14. No. 02. 346-364. Purwokerto.
Wulandari W dan Wahyu 2020. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS 4.
Faizal, M, A. 2015. Proses berpikir kritis siswa Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasakan gaya belajar. Sidoarjo. 1. 2. 159-170
Hodiyanto, dkk. 2016. Ekperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dengan pendekatan PMR terhadap prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreaitivitas siswa kelas VII SMP Negeri dikabupaten Sukoharjo. 4.2 199-213
Istiqomah, F dan Rusdi, A 2015. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving pada mata pelajaran matematika materi pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. 2. 248-275
Kurino, Y, D. 2018. Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas V SD Majalengka. 4. 1. 56-65
Murfiah, U. 2017. Model pembelajaran terpadu disekolah dasar. Bandung. 57-69
Nufikasari, I. 2009. Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Puwekerto. 14. 1-13
Hunter, J. E., Jensen, J. L., & Rodgers, R. 2014. The Control Group and Meta-Analysis. Journal of Methods and Measurement in the Social Science, 5( 1), 3–21.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work