PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Melisa Naibaho Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning dengan LKS terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilakukan di SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA pada bulan Juli 2020. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes. Pengujian hipotesis digunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 85,71 sedangkan kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku tanpa menggunakan  model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 67,62. Selanjutnya pengujian hipotesis   adalah 5.700 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 .Oleh karena itu   yang diperoleh lebih besar dari   yaitu  5.700 > 1.692 maka dapat disimpulkan bahwa model CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian , model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada tema daerah tempat tinggalku.

Keywords:

hasil belajar siswa, CTL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 506
Downloads Count: 224

Published

2020-11-25

How to Cite

Naibaho, M., Lumban Gaol, R., & Silaban, P. . (2020). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 262–268. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.441

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.