PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Melisa Naibaho Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: hasil belajar siswa, CTL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning dengan LKS terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilakukan di SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA pada bulan Juli 2020. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes. Pengujian hipotesis digunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 85,71 sedangkan kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku tanpa menggunakan  model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 67,62. Selanjutnya pengujian hipotesis   adalah 5.700 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 .Oleh karena itu   yang diperoleh lebih besar dari   yaitu  5.700 > 1.692 maka dapat disimpulkan bahwa model CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian , model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada tema daerah tempat tinggalku.

Published
2020-11-25
How to Cite
Naibaho, M., Lumban Gaol, R., & Silaban, P. (2020). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 262-268. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.441
Section
Articles