Strategi untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6763Abstract
Lembaga pendidikan yang berkualitas dapat diukur dari layanan yang diberikan melalui beberapa program seperti program unggulan maupun program akselerasi. Program-program tersebut menjadi brand untuk ditawarkan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan pendidikan untuk meningkatkan mutu peserta didik maupun mutu lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi untuk meningkatkan mutu lulusan pada Program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan mutu lulusan pada program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid dengan bimbingan khusus bahasa asing seperti Bahasa Mandari, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan merekrut tenaga pendidik sesuai kualifikasi kelimuannya serta layanan tutorial tambahan, peningkatan kompetensi guru dan peningkatan sarana dan prasarana. Faktor pendukung lainnya di antaranya adanya input proses seleksi, adanya klaster khusus bagi siswa-siswa program unggulan, motivasi belajar tinggi dan tenaga pengajar yang kompeten.
Keywords:
Strategi, Mutu Lulusan, Program UnggulanDownloads
References
Abdurahman, A. (2017). Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.25
Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa. Pendidikan Islam, 1(2), 197–217.
Bagja, W. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 22(1), 1–19.
Christianto, A., & Evi Muafiah. (2021). Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01). https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.216
Eduard, S. J. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. DIEGESIS: Jurnal Teologi, 6(1), 49–69.
Eka Sari, I., & Hasyim Rosyidi, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di Smk Idhotun Nasyi’in Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 22–31.
Fauzan, M. O., & Yulianti, W. (2022). Motivasi Belajar untuk Membentuk Sumberdaya Manusia Unggul pada Era Milenial. Jurnal Abdidas, 3(3), 590–598. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.628
Fitriah, A., & Wahyudin, U. R. (2022). Efe k t ivit a s p e m a n fa a t a n s a r a n a d a n p r a s a r a n a p e n d id ik a n d a la m r a n g k a m e n in g k a t k a n Mu t u Lu lu s a n d i SMAN 1 Te g a lw a r u. 6(1), 917–922.
Gania hilya, S. yaya. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Hilya. 6(1), 87–94.
Hidayat, M. N. (2022). Jurnal Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 3(2022), 44–54.
Islamiyah, N., & Priambodo, A. (2019). Perbandingan tingkat motivasi belajar siswa antara kelas unggulan dan non unggulan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 7 Surabaya. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 297–300.
Isnaini, N., Yahya, F., & Sabri, M. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI NW 1 Kembang Kerang. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.76
Kanada, R. (2022). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan : Usaha Sekolah Bertahan Dalam Persaingan cepat terserap kedunia kerja ( Usman , 2006 : seorang kepala sekolah harus memiliki instrument. 8(2), 23–32.
M. Mustaqim, A. Warisno, N. Harapan, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro 1. 5, 34–54.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukhtsr, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Muslimin, A. A., & Mutakallim, D. (2019). Kreativitas dalam Pembelajaran Creativity in Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 73–85.
Nasution, E. Y., Sailah, I., & Hermadi, I. (2021). Strategi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i1.1859
Nurtan, N., Bahrudin, I., Isnain, T., Edi Susilo, M., Rizki Kusuma Wardani, D., & Anggela, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smk Negeri 2 Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.25
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1).
Salamatud, U. (2020). Implementasi Manajemen Mutu sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Al Huda Sumberjo Tunglur Badas. 1.
Sella Nuryani, Oyoh Bariah, N. R. (2022). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTsN 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.
Siswanto, S. (2016). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726
Sitirahayu, & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiri, R. A. H., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di Provinsi Banten. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 34–48. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2497
Sumarni, S., & Abdullah, E. (2022). Analisis Strategi Peningkatan Mutu Layanan Akademik Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Puangrimaggalatung. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(3). https://doi.org/10.51454/jpp.v2i3.374
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026
Suyeno, A. umi nurul. M. waliyatul. (2022). Implementasi Program Balai Latihan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Kebunteluk Dalam Kecamatan Sangkapura Kebupaten Gresik. Jurnal Respon Publik, 16(1), 75–84.
Umar, K. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2013).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 As’adiyah, Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work