Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang

Authors

  • Syaiful Bahri SMP Negeri 1 Rambang Kabupaten Muara Enim

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1529

Keywords:

implementasi, gemar membaca, pojok baca

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat kegiatan membaca menjadi sangat memprihatinkan. Seperti masalah yang terjadi di SMPN 1 Rambang; pertama, banyak siswa yang belum mempunyai kesadaran akan pentingnya membaca ; kedua, belum adanya pembinaan yang dilakukan oleh pihak sekolah; ketiga, terpengaruhnya kepribadian peserta didik dikarenakan kegiatan yang kurang bermanfaat. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian strategi belajar mengajar tentang pengimplementasian gemar membaca melalui program pojok baca.Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan penelitian kualitatif. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan mewawancarai para informan, dan observasi.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Program Pojok baca SMPN 1 Rambang merupakan program sekolah guna menciptakan siswa dan warga sekolah yang gemar membaca. Selain itu pelaksanaan program pojok baca juga sebagai realisasi dari ditunjuknya SMPN 1 Rambang menjadi Good Practice School (GPS) dalam program kerjasama USAID Priority dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon. Pengimplementasian gemar membaca melalui program pojok baca pada siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS menggunakan strategi dan kreasi yang dikembangkan para guru IPS. Pembinaan gemar membaca dilakukan dengan menjadwalkan pembiasaan membaca selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian gemar membaca melalui program pojok baca dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Rambang Kabupaten Muara Enim sangatlah diperlukan.Karena pembinaan bertujuan untuk membangun minat membaca peserta didik agar berprestasi dan menjadi siswa yang berbudi pekerti luhur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Prosedur Penelitian, Suatu PendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2006. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, Sulistyo. 1992. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Bustari, Meilina. 2000. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: UNY. Buku Panduan Guru IPS Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTS.
Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Cetakan ke- 2. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Deporter, Bobbi. 2005 Quantum Teaching, Orchestrating Student Succes (diterjemahkan oleh Ary Nilandari). Bandung: Kaifa.
Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Emzir.2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Harsono, Hanifah, 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik.Jakarta: Rineka Karsa.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Johnson, Elaine. 2002. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Lasa. 2009. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book. Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan.2010. Psikologi Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nadir, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Edisi ke-1. Surabaya: Amanah Pustaka.
Nurdin, Syafrudin. Dkk. 2004.Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Intermasa.
Nurdin, Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: Intermasa.
Poerwandari, E. Kristi. 1998. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Primada Media.
Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sinaga, Dian. 2004. Perpustakaan Sekolah Peranannya dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kreasi Media Utama.
Soeratno, dkk. 1999. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Soetopo, Hendyat. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sopidi. 2013. Manajemen Peserta Didik Berkarakter. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Press.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tampubolon. 1987.Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahidmurni. 2010. Pengembangan Kurikulum IPS dan Ekonomi diSekolah/Madrasah.UIN MAILIKI PRESS (Anggota IKAPI).
Wijaya, Cece. 1996. Pendidikan Remidial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.
Yin, Robert K. 2003.Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Bahri, S. . (2021). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1706–1710. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1529