Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4868Abstract
Untuk menjadi sekolah yang bermutu, sekolah harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang bermutu juga. Ada beberapa fakto yang mempengaruhi mutu sekolah, salah satunya adalah kompetensi manajerial kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar negeri Kecamatan Cikande. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan jumlah sampel 171 orang. Analisis data dilakukan untuk mendeskripsikan data dan pengajuan hipotesis dengan menggunakan statistik regresi linier berganda. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 yaitu kompetensi manajerial terhadap variable Y yaitu mutu sekolah dasar negeri di kecamatan Cikande. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu sekolah dasar negeri di Kecamatan Cikande. Jika kompetensi manajerial kepala sekolah baik, maka mutu sekolah dapat meningkat. Sebaliknya, jika kompetensi manajerial kepala sekolah kurang baik, maka mutu sekolah dapat menurun. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi manajerial kepala sekolah dapat meningkatkan mutu sekolah dasar negeri.
Keywords:
Kompetensi Manajerial, Mutu sekolahDownloads
References
Amon, L., & Harliansyah, H. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147-162.
Anjani, N. F., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 481-488.
Arismunandar, A. (2018). Competency of Elementary Schools Principals in Supporting the Standardization of Leadership in Education. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1028/1/012184
Aristianingsih, R., Irawan, I., & Sulhan, M. (2022). Kompetensi manajerial kepala madrasah dalam kinerja tenaga kependidikan di madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(1), 43-52.
Auliah, Y., Putra, I. N. N. A., & Novianti, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial, Supervisi Dan Sosial Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kota Bima. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(2), 341-352.
Bustan, S., Sindju, H. B., & Suib, M. (2012). Tugas Kepala Sekolah Sebagai Pendidik dan Pemimpin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4).
Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The Impact of Leadership on Student Outcomes. Educational Administration Quarterly, 52(2), 221–258. https://doi.org/10.1177/0013161X15616863
Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya ( Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi ). IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(93–98).
Fachrudin, Y. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 91-108.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Fadillah, H., Sanusi, S., & Efendi, P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah Model. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 111–124.
Ferry, L., & Ahrens, T. (2016). Leadership Style and Job Satisfaction in Higher Education Institutions. International Journal of Educational Management, 30, 140–164.
Irawan, S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 165–174.
Isaac, S., & Michael, W. B. (1995). Handbook in research and evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavioral sciences. Edits publishers.
Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2(11), 46–53.
Karacabey, M. F. (2020). School Principal Support in Teacher Professional Development. International Journal of Educational Leadership and Management, 1–24. https://doi.org/10.17583/ijelm.2020.5158
Liebowitz, D. D., & Porter, L. (2019). The Effect of Principal Behaviors on Student, Teacher, and School Outcomes: A Systematic Review and Meta-Analysis of the Empirical Literature. Review of Educational Research, 89(5), 785–827. https://doi.org/10.3102/0034654319866133
Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the professional Learning of Teachers in China: Does Principal Leadership Make a Difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023.
Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2– 17.
Multazam, U. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Implikasinya Bagi Kinerja Guru. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 22-40.
Murwani, L. S. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 6(2).
Mustaqim. (2012). Sekolah/Madrasah Berkualitas dan Berkarakter. Jurnal Nadwa, 6(5), 137–154.
Ningsih, R. S., Herawan, E., & Sutarsih, C. (2016). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah dan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 149–160.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.
Nurman, M., Yuliejantiningsih, Y., & Roshanty, F. (2018). Pengaruh kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Mutu Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. JPM Universitas PGRI Semarang, 7(2016), 231–247.
Oberer, B., & Erkollar, A. (2018). Leadership 4.0: Digital Leaders in the Age of Industry 4.0. International Journal of Organizational Leadership, 7(4), 404–412. https://doi.org/10.33844/ijol.2018.60332
Ruslan. (2019). Membangun Karakter Sekolah Bermutu Melalui Komunikasi yang Efektif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 99–107.
Salam, Syarifudin, E., & Kamal, Y. (2021). Peran Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang. An-Nidom-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 122–145.
Setia, R., & Nasrudin, D. (2020). School Management : the Optimization of Learning. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 150–158.
Suryana. (2018). Kepemimpinan Pembelajaran dan Capacity Building dalam Mutu Kinerja Mengajar Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXV(2), 198–213.
Sutiara, A., Ningsih, I. W., Huda, M. K., & Hidayat, R. (2021). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SDN 4 Margadadi. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 1(1), 2–8.
Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Peran Komite terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.970.
Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran 2, 2(9), 85–93.
Zhang, Q., Siribanpitak, P., & Charoenkul, N. (2018). Creative leadership strategies for primary school principals to promote teachers’ creativity in Guangxi, China. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), 275–281. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.08.007
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Siti, Syadeli Hanafi, Sudadio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work