Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4890Abstract
Kualitas penyelanggaraan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan sangat bergantung profesionalisme tenaga pendidiknya. Oleh karenanya suatu lembaga pendidikan harus mampu membuat sistem yang dapat meningkatkan kompetensi profesional para pendidiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji profesionalisme tenaga kependidikan SMP Bhakti Pertiwi dalam meningkatkan kualitas lembaganya. Penelitian ini meliputi metode kualitatif, etnografi, dan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan sampel populasi, yang merupakan sampel penelitian yang sama dengan populasi keseluruhan, yang terdiri dari 20 instruktur dan pekerja. Analisis data teknis yang digunakan adalah narasi deskriptif dengan tiga jalur: reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) kompetensi profesional guru SMP Bhakti Pertiwi relatif baik; 2) kepala sekolah dan guru telah melakukan upaya pengembangan kompetensi profesionalnya dengan mengikuti pelatihan, upgrading training, workshop, dan kelompok kerja guru; dan 3) kendala yang dihadapi antara lain kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kurangnya kreativitas guru, dan guru yang tidak mengajar di bidangnya.
Keywords:
Profesionalisme, tenaga kependidikan, sekolah menegah pertamaDownloads
References
Alamsah, Khair, D., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri 2 Rangai Tritunggal Katibung Lampung Selatan-lampung. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 01(01), 852–861.
Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6121
Anwar, A. S., & Mubin, F. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Arifa, B. N. (2020). Pelaksanaan Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(2), 167–176. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1, 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1359–1364. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059
Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128.
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100
Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Education and Development, 8(3), 112–117.
Qatrunnada, P. N. (2019). Sistem Informasi Manajemen Akademik Dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i2.23
Rahimah. (2022). Urgensi Profesionalisme Guru Dalam Kehidupan. IURIS STUDIA: Jurnal Kajian Hukum, 3(3), 270–277. http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris
Rosmawati, Ahyani, N., & Missriani. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205.
Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi di Yogyakarta. Al-Manar : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sulastri, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563
Syaputra, P., & Warlizasusi, J. (2022). Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP Al-Ikhlas Lubuklinggau. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 11(1), 22–33.
Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16
Wibowo, M. P., Hrp, M. F. A., Ariesky, R. Z., Ayumi, M., Annisa, A., Tania, F. N., & Nasution, I. (2022). Peranan Supervisor Pendidikan Dalam. IKAMAS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(02), 149–157.
Yustinus Sanda, Agustina Pitriyani, & Yesepa. (2022). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 85–94. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.765
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdurrahman, Mohammad Alfon Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work