Pengelolaan Program Gerakan Literasi di SDN 1 Bungtiang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4912Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa pengelolaan program gerakan literasi di SDN 1 Bungtiang yang meliputi tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Bungtiang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokomentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 1 Bungtiang sesuai dengan panduan yang diterbitkan Kemendikbud No 23 Tahun 2015, namun dalam pelaksanaannya dikembangkan secara mandiri dikarenakan menerapkan kurikulum irisan yaitu kurikulum nasional K13, kurikulum karakter dan kurikulum program plus. Pengelolaan gerakan literasi sekolah di SDN 1 Bungtiang mulai terlaksana secara rutin pada bulan september 2021. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 1 Bungtiang diantaranya adalah sarana dan prasarana yang memadai seperti, 1 unit perpustakaan, pojok baca, lingkungan yang literat, alokasi dana yang memadai, terjalin kerja sama dengan beberapa lembaga, serta pemanfaatan media. (3) Faktor penghambat pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 1 Bungtiang diantaranya adalah perbedaan kemampuan dan inisiatif SDM, kurangnya strategi pemusatan perhatian literasi terhadap peserta didik, serta penyelenggaran kegiatan pendukung literasi yang tidak sesuai penjadwalan, dan kurang diurus.
Keywords:
pengelolaan, program gerakan literasi, SDN 1 BungtiangDownloads
References
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.
Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).
Indrayani, R., & Hastuti, H. (2022). Implementasi Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Kronologi, 4(3), 299-310.
Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).
Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. FONDATIA, 7(1), 169-177.
Kurniawati, E.(2019). Analisis pelaksanaan Kegitan Literasi Sekolah Dalam Kegiatan Literasi Membaca Pada Peserta Didik Kelas ll SD Muhammadiyah 9 Malang (Doctoral dissertation Universty of Muhammadiyah Malang).
Manurung, A. F., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2022). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan Budaya Literasi Pada Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas V SDN 11 Sumbawa Besar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1512-1517.
Naibaho, K. (2007). Menciptakan generasi literat melalui perpustakaan. Visi Pustaka, 9(3), 1-8.
Pamungkas, B., Nur Amalia, S. S., & Teach, M. (2018). Optimalisasi Fungsi Pojok Baca Di Kelas I SD Muhammadiyah Pangkalpinang Sebagai Penumbuhkenalkan Budaya Membaca (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pohan, A. E. (2020). Gerakan literasi Nasional : Literacy To School. Pasuruan, Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.
Rohiani, D. (2022). Kesulitan Fungsional Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Literasi Dasar Madrasah Ibtida’iyah di Kabupaten Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 53-64.
Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV sd negeri i penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53-63.
Siddiqi, H., Sudirman, S., & Turmuzi, M. (2021). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 638-643.
Vita, N. I., & Zainal, M. A. (2020). Gerakan Literasi Membaca: Studi Fenomenologi tentang Gerakan Literasi Membaca Siswa SMA Negeri 2 Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(1), 41-47.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bambang Putra Akbar, Asrin, Muhammad Syazali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work