Membangun Competitive Advantage Pendidikan Islam Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital di Madrasah Aliyah Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12733Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis keunggulan kompetitif pendidikan Islam melalui pemanfaatan teknologi digital di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Untuk menghadapi era digital yang terus berkembang, madrasah menerapkan teknologi dalam pembelajaran dan administrasi, seperti penggunaan platform pembelajaran online, video pembelajaran, serta sistem manajemen digital untuk meningkatkan efisiensi dan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan untuk menggali fakta dan informasi terkait pemanfaatan teknologi digital dalam konteks pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, integrasi teknologi digital di madrasah ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif. Kedua, meningkatkan kompetensi siswa. Ketiga, memperkuat citra madrasah sebagai lembaga pendidikan yang modern dan kompetitif serta tetap menjaga keunggulan dalam bersaing dengan lembaga lainnya. Penelitian ini juga menyoroti tantangan dalam infrastruktur dan keterampilan digital guru, serta pentingnya melanjutkan pelatihan dan pengembangan teknologi untuk mendukung mutu pendidikan. Madrasah Aliyah Nurul Jadid menjadi contoh implementasi teknologi yang relevan untuk masa depan pendidikan Islam yang lebih adaptif dan berdaya saing.
Keywords:
Competitive advantage, pendidikan Islam, teknologi digitalDownloads
References
Aifalesasunanda, R., Citriadin, Y., & Maujud, F. (2024). Strategi pengembangan sumber daya manusia melalui literasi digital di mts nurul yasin buer sumbawa. ascent: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management, 2(1), 42–58. https://doi.org/10.61553/ascent.v2i1.153
Al, Y., & Rafli, A. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan, 01(04), 354–362.
Arif, R. H., Eva, F., & Prieska, R. (2023). Analisis Kritis Tantangan Pendidik Dalam Islam Di Era Disruption 4 . 0 Arif Rohman Hakim STAI Kuningan , Jawa Barat , Indonesia Eva Fauzia Prieska Rani Abstrak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3672–3681.
Astuti, M., Wardana, I. E., & Ardiansyah, S. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Melalui Implementasi Teknologi Pendidikan. 1(5).
Basri, H. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 128–143. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.446
Deassy, A. S. P. (2022). Strategi Branding Image Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Madrasah Pada Madrasah Aliyah (Ma) Unit Sekolah Baru (Usb) Filial Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batam Provinsi Kepulauan Riau.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Firmansyah, A., & Syahputra, A. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di MTS Negeri 1 Paser Untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 1534–1544.
Gesang Wahyudi Nanang, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education E-ISSN:, 4(4), 1030–1037.
Gultom, Y., Candra, D., Dasopang, M. D., Sihombing, I., & Kholis, M. (2025). Pendidikan Islam Di Era Digital yang berlandaskan nilai-nilai agama dan moral . Sebagai upaya untuk mencetak generasi yang yang memungkinkan akses terhadap berbagai sumber pengetahuan menjadi lebih mudah dan menyampaikan materi pembelajaran . Aplikasi ber. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 455–464.
Hasanah, K. D., Susilawati, S., Tabrani, A., Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., Kh, U. P., & Chalim, A. (n.d.). Analisis Aspek-Aspek Keunggulan Daya Saing untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDI Al-Akbar Bangsal Analysis of Aspects of Competitive Advantage in Improving the Quality of Education at SDI Al-Akbar Bangsal. Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 107–116.
Khair Indratni, A. F. (2024). Peran Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Pada Zaman Peradaban Modern Saat Ini. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5(7), 105–117.
Khofifuddin. (2019). Implementasi metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Shaare (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogik, 06(01).
Khoiriyani Fauziyah, Fatimatuz, Dani Zahro Diah Putri, H. A. A. R. (2023). Kesenjangan Kualitas Layanan Madrasah Aliyah Negeri di Jawa dan Luar Jawa. Rahmat, 09(Alawiyah 2014), 117–132.
Latif, M., Anwar, K., Jeka, F., Islam, U., Sulthan, N., & Saifuddin, T. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Digital Menuju Era Digitalisasi Pendidikan Studi Kasus Di SMA Al Azhar 4 Kemang. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 16, 288–311.
Lidya, A. (2025). Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Jurnal Edukatif, 3(1), 58–65.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi : Menggagas Harmoni Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.
Mardhiah, A., Yusrianti, S., & Barus, J. (2024). Manajemen Madrasah Berbasis Digital Terhadap Mutu Lulusan Di MAN Insan Cendekia Aceh Timur. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 115–125.
Murdianto, M., & Fathoni, T. (2023). Implementasi Tradisi Islam Nusantara (Studi Kasus Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo). Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 39–46.
Pentianasari, S., Amalia, F. D., & Martati, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(1).
Phuk Tjilen Alezander, Oscar Simatupang David, Tumbaip Beatus, R. P. (2024). Pemanfaatan Sumber Daya Lokal untuk Pembuatan Pupuk Organik: Solusi Berkelanjutan bagi Petani dan Masyarakat Alexander. IKHLAS Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa Vol., 3(3), 1–8.
Rahmat, A., & Anwar Rudi. (2023). Quo Vadis Pendidikan Pesantren di Era Digital. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 11(1), 99–118. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i1.298
Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Membangun Budaya Mutu Di Lingkungan Pendidikan Sdn Sungai Sandung 2 Oleh. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(7), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Ridwan, A., Kurniawan, T., Rauf, W. A., & Arifin, A. (2024). Fungsi Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Di SD N 069 VII Sungai Gedang. Jurnal Elekronika Dan Komputer, 17(2), 417–425.
Ritonga, A. W., & Desrani, A. (2022). Inovasi Manajemen Perencanaan untuk Peningkatan Mutu Madrasah dalam Situasi Covid-19 Innovation Management Plan for Quality Improvement of Madrasah in Covid-19 Situation Pendahuluan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 13(1), 117–133.
Rofiki, M., Rahmah, A., & Rohmah, N. (2024). Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal : Upaya Peningkatan Kuantitas Santri Di Era 4 . 0. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7629–7639.
Saharani, L. (2024). Manajemen Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Qurani Di Mts. At Taqwa Bondowoso. As-Sulthan Journal Of Education, 01(02), 372–388.
Saimah, S. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Ittihad Kuala Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 25–36. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.226
Salsabila, U. H. (2022). Implikasi Teknologi Terhadap Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Wardah, 23(2), 308–329.
Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan. 5(1), 1–17.
Sapri, T. W. M. (2024). Krisis Moral VS Peran Akidah Sifat 20 Menurut Muhammad Al-Fudhali dalam Kitab Kifayatul Awam. Jurnal Research and Education Studies, 4(2), 11–20.
Saputri, Ramadhani Rieke Dyah, S. P. A. (2023). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9672–9678. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3297
Sari, K. (2024). Metode Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam Di Smp It Bina Insan Batang Kuis. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(2), 140–157. https://doi.org/10.47006/er.v8i2.20049
Sartini, Chondro Andriani, J. P. H. C. I. (2024). Tantangan Kepemimpinan Adaptif Dalam Dunia Pendidikan Di Era Generasi Milenial. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 98–110.
SUPRIYADHI. (2024). Peningkatan Competitive Advantage Mutu Pendidikan Pada MTs. Swasta Se-Kabupaten Pringsewu.
Suryanti, M., Sujarwo, A., & Andari, A. A. (2024). Analisis Kritis Tantangan Pendidikan Islam. Unisan Journal, 03(01), 247–254.
Wibowo, E. H., & Hamdi, F. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. 5, 882–885. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4228
zahroatul Baroroh Alisia, Andini Kusumastuti Diyah, K. R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2.
Zein, M. (2024). Transformasi Pendidikan Islam Di Era Digital, Tantangan Dan Solusi Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ejournal.Lpipb.Com, 2(3), 146–156.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifka Jannatul Firdausiah, Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work