Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program tahfidz sebagai salah satu upaya peningkatan membaca dan menghafal al qur’an. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif atas suatu fenomena yang terjadi dilokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display), dan verifikasi data (Data Verification). Pendekatan ini digunakan untuk memahami fenomena atau kejadian yang berhubungan dengan pengelolaan program tahfidz. Meskipun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menyajikan peristiwa, ruang lingkup dan pentingnya fokus penelitian pengelolaan program tahfidz. Program hafalan Alquran merupakan salah satu program inovatif yang dimanfaatkan oleh tenaga pendidik yang peduli dengan pertumbuhan moral dan keagamaan peserta didiknya. Dimungkinkan untuk mengajarkan Al-Quran dengan membaca, menulis, dan menghafal. Hafalan Al-Qur'an merupakan komponen pendidikan siswa dalam prinsip-prinsip agama dan moral. Tujuan dari kajian hafalan Alquran adalah untuk menyajikan kitab suci Islam. Selain itu, melalui pelestarian Al-Quran melalui hafalan, upaya dilakukan untuk menyesuaikan diri anak-anak dengan agama.
Keywords:
Manajemen, program Tahfidz, peningkatan membaca dan menghafalDownloads
References
Amelia, Winda, Arita Marini, dan Maratun Nafiah. 2022. “Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(2): 520–31.
Anak, Pada, Usia Dini, D I Ra, dan Tahfidz Al- Qur. 2015. “PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURRAHMAN BANGUNTAPAN BANTUL.”
Baharuddin, Muhammad Rusli. 2021. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4(1): 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591.
Bustomi, Laeli, Muhamad, dan Sobrul. 2021. “Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah.” Jurnal Pengabdian Pada masyarakat Vol.2(No.2): 170.
Candra, Wijaya et al. 2021. “Manajemen Pembelajaran Taḥfiẓ dalam Peningkatan Minat Menghafal Alquran Siswa di Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(01).
Daryanti, Pesra. 2021. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Di masa Pandemi Covid-19 Melalui Pembelajaran Daring.” Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan 1(3): 199–206.
Fakih Khusni, Muhammad, Muh Munadi, dan Abdul Matin. 2022. “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo.” Jurnal Kependidikan Islam 12(1): 60–71.
Fardinal, Fardinal, Hapzi Ali, dan Kasful Anwar US. 2022. “Mutu Pendidikan Islam : Jenis Kesisteman , Konstruksi.” Jemsi ; Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(4): 370–82.
Fenty Sulastini, dan Moh. Zamili. 2019. “Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4(1): 15–22.
Fitriani, Eka, Abdul Haris, dan Moh Nur Hakim. 2022. “Model Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Disleksia Di Sd It Abata Lombok.” Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 13(1): 75.
Islamic, Jurnal, dan Education Manajemen. 2019. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN.” 4(1): 25–38.
Karindasari, Deliamanda Nidritiasa, dan Erny Roesminingsih. 2022. “Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Ponorogo.” 8(3): 2497–2503.
Kustiwi, Ety. 2008. “Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al-Qur’an Pada Anak.” doctoral dissertatition, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim: 11. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4691.
Noprika, Mia, Ngadri Yusro, dan Sagiman Sagiman. 2020. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2(2): 224–43.
P., Farre Calvo Veronica. 1990. “tehnik pengumpulan data metode kualitatif.” ekonomi syariah 21(58): kualitatif:pp. 56-79. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989.
Parid, Miptah, dan Afifah Laili Sofi Alif. 2020. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.” Tafhim Al-’Ilmi 11(2): 266–75.
“PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH Yayu.” 2557. IAI An Nur Lampung Email: 4(1): 88–100.
Pendidikan, Jurnal et al. “A s - S A B I Q U N.” 4(September 2022): 749–62.
Primayana, Kadek Hengki. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Penjaminan Mutu: 7–15.
Purwanto, Rifki Naila. 2020. “Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” : 52–55.
Purwati, Ipung, dan Endang Fauziati. 2022. “Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar Dalam Perspektif Filsafat Idealisme.” Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin 4(1): 1–8.
Smpn, D I, dan Kecamatan Suliki. 2022. “KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII.” 1(4).
Syahdinur, M. Ramadhan, dan Usman Alfarisi. 2021. “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ: 1–4.
TEMA 11. 2018. “PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN.” Wahyuningsih, Putri, Himmatul Hasanah, dan Ahmad Tarmizi Hasibuan. 2020. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran di Abad 21.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 3(1): 10–18.
Zahara, Z. 2022. “Pelatihan tata kelola administrasi data santri dan pelaporan keuangan Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X.” Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan … 4(2): 48–55. http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/view/921%0Ahttps://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/download/921/448.
Zulina, Dian Mahza, dan Mumtazul Fikri. 2018. “Pengelolaan Program Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar.” Jurnal Intelektualita 6(2): 32–44.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Mushfi El Iq Bali, Muhammad Arifin Ainul Fatah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work