Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo

Authors

  • Abdurrahman
  • Usamah bin Muhammad Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6327

Abstract

Pendidikan adalah fondasi penting dalam pertumbuhan individu menuju kedewasaan. Penelitian ini menggambarkan pentingnya pendidikan dalam mengubah perilaku individu dan menyokong pertumbuhan yang sehat. Pemimpin sekolah yang efektif dan kedisiplinan guru dianggap sebagai faktor kunci dalam meningkatkan prestasi akademik di sekolah. Kepemimpinan yang efektif dalam konteks pendidikan diakui sebagai elemen penting dalam reformasi sekolah global. Artikel ini juga menguraikan pentingnya kepala madrasah dalam pengembangan pendidikan, mengingat peran kunci mereka dalam mengelola sumber daya organisasi dan memengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi masalah mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Probolinggo dan strategi yang digunakan oleh kepala sekolah untuk mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah mutu pendidikan melibatkan sejumlah faktor, seperti motivasi siswa, keterampilan mengajar guru, dan kondisi lingkungan sekolah. Strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan meliputi pembagian tugas di antara guru dan staf, pelatihan guru, dan upaya untuk meningkatkan standar pendidikan. Namun, masih ada tantangan dalam mengatasi masalah mutu pendidikan ini, termasuk perluasan pelatihan guru dan perbaikan sumber daya fisik sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan mutu pendidikan adalah tantangan kompleks yang memerlukan kerja sama semua pemangku kepentingan dan upaya berkelanjutan. Pemimpin sekolah yang kuat dan inovatif serta guru yang berdedikasi dianggap sebagai kunci untuk mencapai tujuan ini dan meningkatkan daya saing negara dalam konteks global.

Keywords:

Strategi, Meningkatkan Mutu pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ading, A. (2022). Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.17

Bajuri, D. (2022). Motivasi Pimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Rajagaluh. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i1.86

Burhanudin, B. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah: Penelitian Di SMP Plus Al-Aqsha Sumedang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan akhlak: relasi antara sekolah dengan keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 1-20.

Darwina, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Fauziyati, W. R. A. (2018). Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Menuju Generasi Maju Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(01).

Haningsih, S. (2014). Implementasi Program Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Budaya Akademik di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran (MASPA) Sardonoharjo Ngaglik Sleman DIY. El-Tarbawi, 8(1), 27-40.

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89-95.

Heryawan, A. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.22

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 24-38.

Maamarah, S., & Supramono, S. (2016). Strategi peningkatan mutu dan citra (image) sekolah dasar negeri di ungaran, semarang. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 115-130.

Masruri, A. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MAS Jam’iyyah Islamiyyah Pondok Aren). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 3(1), 96-112.

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2194-2199.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Moleong, L J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Na'im, Z. (2018). Model Pendekatan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 100-118.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224-243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99.

Novitasari, D. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Mewujudkan Guru Yang Profesional di MIN 7 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Putri, Y. (2019). Upaya Peningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah..

Puturahman, D., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Pedes Karawang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6812-6827.

Raco, J R. (2010). Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya). Grasindo. Grasindo.

Rafid, R. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 711-718.

Roulston, K. (2014). Analysing interviews. The SAGE handbook of qualitative data analysis, 297-312.

Sarifudin, S., & Maya, R. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 133-151.

Suprianto, M. (2018). Upaya-Upaya Strategis Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Al-Qalam Manna Bengkulu SELATAN. Annizom, 3(2).

Susanto, E. (2019). Building Image of Madrasah: MTs Strategy. Al-Kautsar in Building Quality. AL-FURQAN, 7(2), 99-110.

Sya’roni, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).

Utiarahman, P. (2017). Manajemen Program Akreditasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Boalemo. Jurnal Pascasarjana, 2(1).

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1-16.

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108-116.

Wibowo, M. P., Hrp, M. F. A., Ariesky, R. Z., Ayumi, M., Annisa, A., Tania, F. N., & Nasution, I. (2022). Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Madrasah Ibitidaiyah Swasta. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 149-157.

Downloads

Abstract Views : 988
Downloads Count: 520

Published

2023-10-01

How to Cite

Abdurrahman, & Usamah bin Muhammad. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1849–1856. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6327

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.