Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599Abstract
Strategi pembelajaran memiliki perananan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di kelas. Apabila seorang guru tidak mampu menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran maka akan sulit untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 15 Medan. Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Kristen siswa disebabkan strategi pembelajaran yang cenderung berpusat kepada Guru dan strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Kristen haruslah menggunakan metode dan strategi yang bervariasi serta inovatif sehingga tidakk membuat siswa cepat bosan. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada tingkat SMA yaitu melalui penerapan strategi pembelajaran setiap siswa bisa menjadi bisa menjadi guru di sini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi dokumenter yang menggunakan data primer berdasarkan buku-buku dan literatur pendukng lainnya seperti jurnal, majalah, tesis serta penelitian terdahulu. Hasil penelitian ditemukan terjadi peningkatan hasil belajar yang dibuktikan melalui hasil-hasil penelitian terdahulu dan kajian literatur di dalam penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa tingkat SMA
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama KristenDownloads
References
Amalia, N., & Setiyani, D. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas IV SD Negeri I Tempursari Klaten Tahun 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 63–70.
Aprilia, Winda, Y. Z. A. (2020). Keunggulan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. 270–277.
Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 5(2).
Azaliyatul Jannah. (2015). Konsep Dasar Belajar Aktif Dan Contoh Model Pembelajaran Inovatif. 1–11.
Dwiati Yulianingsih, S. M. M. L. G. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 103–122.
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563
Enklaar, E. G. H. dan I. . (2009). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Febryananda, I. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 170–174.
Halidin. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 348–357. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2764
Halimah, S. (2005). Disampaikan pada acara seminar “Strategi Pembelajaran Aktif dosen-dosen prodi Pendidikan Guru Ibtidaiyah (PGMI), tanggal 01 Nopember 2012, di Aula Fakultas Tarbiyah IAIN SU. 1. 1–13.
Hasan Baharun. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 39.
Hidayat Isnu. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Diva Press.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani dan CTSD UIN Sunan Kalijaga.
Hotmian. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Dengan Menerapkan Strategi Sort Card Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, 15(3).
Lilis Ermindyawati. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 40–61.
Maaruf, Z. (2009). Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan ( PAKEM ) Untuk Pendidikan Sains Di Sekolah. Jurnal Geliga Sains, 3(2), 19–28.
Manullang, J., Maria, R., & Manullang, A. (2021). Relevansi Pendidikan Humanis Paulo Freire Dengan Pendidikan Agama Kristen Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 482–490.
Mustafa Kamal Nasution. (2019). Analisis Tren dan Pola Hubungan Antara Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) dan Nilai Ujian Nasional (UN) pada Siswa SMA IPA di Provinsi Aceh. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Institut Agama Islam Negeri Kudus, 1(2), 57–69.
Nuhamara, D. (2008). Pendidikan Agama Kristen Remaja. Jurnal Info Media.
Putri, Y. dan S. E. (2017). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 334–348.
Rachmah, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif Teka – Teki Silang, Di Sekolah Dasar. Widya, 29(319). https://doi.org/10.31227/osf.io/chxyf
Robert Boehlke. (2013). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Sardiman A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Silberman Melvin L. (2013). Active Learning (101 cara belajar siswa aktif, Edisi revisi. Pustaka Insan Madani.
Suparman. (n.d.). Penerapan metode pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kompetensi dasar sistem pengisian kelas x smk perindustrian yogyakarta 2011/2012.
Utami, R. P. (2009). Active Learning Untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Al-Bidayah, 1(2), 151–166.
Zaini, H. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1–9.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work