Upaya Mewujudkan Student Well-Being Melalui Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6665Abstract
Perwujudan “Student Well-Being” di sekolah menjadi salah satu program penting dalam meningkatkan pelayanan pendidikan yang eksistensial dan berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan pemerintah seperti pemberlakuan Kurikulum Merdeka Belajar yang tertuang dalam keputusan Kemendikbudristek No. 56 Tahun 2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan tujuan untuk: 1) mendeskripsikan model prosedural dan konseptual dari Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk mewujudkan “Student Well-Being”; 2) menganalisis efektifitas pelaksanaan penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk mewujudkan “Student Well-Being”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam mewujudkan Student Well-being di SMA Nurul Jadid guna meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang ada baik guru dengan siswa maupun antarguru. Teknik kolaborasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan pola Top Down dan Bottom Up, yaitu mem-breakdown dari AKUT (Arah Kurikulum Pesantren) di-breakdown menjadi program-program dari sekolah dan melibatkan regulasi dari Kemendikbudristek.
Keywords:
Student Well-Being, Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar, SMA Nurul JadidDownloads
References
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Abdullah, R., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Survey Design : Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 31–39.
Abdurrahman, A., Anwar, I. F., Mauliza, S., & Afkarina, N. (2021). Integrasi Kurikulum Madrasah Diniyah dengan Lembaga Formal dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Jadid Paiton Probolinggo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2291
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2022). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13, 108–116.
Andini, F., Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran Guru Dengan Kompetensi Sosial Emosional Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Membangun Student Well-Being Pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 175–182. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1490
Ansari, A. H., Alpisah, & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305, 1(1), 34–45.
Burnes, B. (2020). The Origins of Lewin’s Three-Step Model of Change. Journal of Applied Behavioral Science, 56(1). https://doi.org/10.1177/0021886319892685
Candra, T. N. P., & Rizal, M. N. (2021). Sekolah Menyenangkan : Konsep Sekolah yang Mempromosikan Well-being Berdasarkan Suara Anak-Anak , Orang Tua , dan Guru di Indonesia : Grounded Analisis. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1).
Husain, F. I. M., & , Arifin, Z. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Student Wellbeing Feybi. … : Student Journal of Educational Management, 3, 108–119.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.
Khaidir Fadil, Amran, N. I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s Khaidir. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Listina, S. (2021). Keterkaitan Antara Penyusunan Rpp, Peran Guru Dan Sekolah Dalam Pencapaian Student Well-Being. 1, 467–474.
Lutfiyah, Z. F., & Dwarawati, D. (2023). Pengaruh Resilience at work terhadap Subjective Well-Being pada Perawat Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Riset Psikologi (JRP), 3, 39–46.
Made, N., Anggreni, S., Immanuel, A. S., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., & Udayana, U. (2020). Model School Well-Being Sebagai Tatanan Sekolah Sejahtera Bagi Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 146–156.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 5(2), 130–138.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., & Suharti, L. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE : Journal of Education, 2(3), 201–211.
Rahma, U., Dara, Y. P., & Wafiyyah, N. (2020). Bagaimana meningkatkan school wellbeing? memahami peran school connectedness pada siswa SMA. JIPT (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan), 08(01), 43–53.
Rambung, O. S., Sion, Bungamawelona, Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. 1(3), 598–612.
Rasyid, A. (2021). Konsep dan Urgensi Penerapan School Well-Being pada Dunia Pendidikan. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 376–382.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Sasmito, E. (2022). Upaya Mewujudkan “Student Well Being” Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdefrensiasi Di Sma Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 619. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57951
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student ’ s well-being di masa pandemi. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(April), 61–78.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutam, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Suhendra, Mahajani, T., Ginanjar, M., Ganeswara, Suhard, E., Rahmawati, N., & Kartika, W. (2023). Inovasi Pembelajaran: Peningkatan Student Well-Being Melalui Bahan Ajar Digital. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Upsher, R., Nobili, A., Hughes, G., & Byrom, N. (2022). A systematic review of interventions embedded in curriculum to improve university student wellbeing. Educational Research Review, 37(June), 100464. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100464
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatimatul Husna, Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work