Strategi Hubungan Masyarakat untuk Meningkatkan Citra Lembaga di SMA Tunas Luhur
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12732Abstract
Untuk memperbaiki dan meningkatkan reputasi sekolah, partisipasi masyarakat menjadi faktor penting untuk mendukung berhasilnya program-program yang dijalankan oleh institusi pendidikan tersebut. Selain itu, strategi manajemen hubungan masyarakat (Humas) di lingkungan pendidikan berperan sebagai jembatan komunikasi dan saluran informasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana strategi Humas untuk memperkuat lembaga menjadi sekolah yang unggul dan berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi humas yang efektif sangat penting untuk membangun citra positif dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam aktivitas pendidikan. Penelitian ini menjelaskan bahwa citra suatu lembaga dibentuk oleh proses komunikasi internal dan eksternal, dan menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik antara sekolah dan para pihak yang berkepentingan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi Humas yang terstruktur dengan baik dapat secara signifikan berkontribusi pada reputasi dan keberhasilan lembaga untuk memberikan pendidikan berkualitas.
Keywords:
Strategi Humas, Citra Sekolah, Tunas LuhurDownloads
References
Faridah, S. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Citra Publik Lembaga Pendidikan Pada Masa Pandemic Covid-19. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2).
Febrianty. (2020). Manajemen Humas Sekolah (1 ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.
Habib, M., Sihombing, U. M., Rahmadani, U., & Wirahayu, W. (2023). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.100
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah (1 ed.).
Khorotunniswah, L., Ma’arif, S., & Nuril Huda, M. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2).
Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal intelektual: Jurnal pendidikan dan Studi Keislaman, 10(2).
Ningsih, I., . A., & . H. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMPN 1 Tellu Siattinge. JURNAL MAPPESONA, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2495
Pebriany, S. A., & Sanusi, N. (2021). Peran Kepala dan Komite Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Madrasah Diniyah. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 1(2), 92. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.2.563
Poerwanti, E., & Istanti Suwandayani, B. (2020). Manajemen Sekolah Dasar Unggul (1 ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.
Rusyanti, T., Arafat, Y., & Destiniar. (2021). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Sekolah. Jurnal Educatio, 7(3), 755.
Salim, Pulungan, H. Y., & Hamdan. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Peningkatan Layanan Pesantren Al-Yusufiyah Huta Holbung Tapanuli Selatan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 5(1).
Sandyakala, M. C. (2020). Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2).
Setiyadi, B., Idrus, A., Firman, & Musyaiyadah. (2022). Pelatihan Public Relation Untuk Membangun Citra Positif Sekolah. Sembdha, 3.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan (1 ed.). UAD PRESS (Anggota IKAPI dan APPTI).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riska Purnama Sari, Abdurrahman Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work