Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Authors

  • Rakyal Aini Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyusunan soal evaluasi berbasis HOTS dan mendeskripsikan kesulitan guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Inpres Nae. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dimana subjek penelitian ini adalah guru di SDN Inpres Nae yang mengajar pada kelas IV, V dan VI dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang. Data dianalisis dari hasil pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi berupa dokumen PAS. Data kemudian direduksi, disajikan data dalam bentuk uraian serta ditarik kesimpulan. Berdasarkan data diperoleh dapat diketahui bahwa dalam langkah-langkah penyusunan soal HOTS masih banyak guru-guru yang tidak mengenal bagaimana langkah-langkah penyusunan HOTS yang terdiri dari menganalisis KD, menyusun kisi-kisi soal, memilih stimulus yang tepat dan kontekstual, menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal dan membuat pedoman pensekoran dan kunci jawaban. Hal ini memberikan dampak besar dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, dimana ditemui kesulitan guru diantaranya; 1) Kesulitan menganalisis tingkat kognitif pada Kompetensi Dasar, 2) Kesulitan merumuskan bentuk soal muatan HOTS dan 3) Kesulitan membuat dan menemukan stimulus  yang tepat dan kontekstual yang dapat digunakan agar sejalan dengan kompetensi dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru di SDN Inpres Nae mengalami banyak kesulitan dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, hal ini didorong oleh minimnya sosialisasi dari pemerintah dalam memberikan pelatihan dan bimbingan menyeluruh terhadap setiap sekolah.

Keywords:

Higher Order Thinking Skills, kesulitan guru, kurikulum 2013

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y, Pudjiastuti, A., Bestary, R & Zamroni. (2018) Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Guru Pendidikan Dasar (2019) Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS, di akses tgl 12 Mei 2023. https://gurudinas.kemendikbud.go.id/news/Pengembangan-Pembelajaran-berorientasi-HOTS

Fanani, M. Z., (2018) Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013 Vol II No 1, hal. 57-76.

Hardani.,dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Helmawati. (2019) Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Johansson, E. (2020). The Assessment of Higher-order Thinking Skills in Online EFL Courses: A Quantitative Content Analysis. NJES Nordic Journal of English Studies, 19(1), 224–256. https://doi.org/10.35360/njes.519.

Kamal, M. (2019) Guru: Suatu kajian Teoritis dan Praktis. Bandar lampung: CV Anugrah Utama Raharja

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568.

Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120.

Pratiwi, L. F. (2022) Analisis kemampuan guru dalam membuat soal tipe HOTS (Higher Order Thinking skills) mata pelajaran Matematika. (Skripsi) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.

Ramadhanti, S. (2020) Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal HOTS Muatan Pelajaran IPS di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Ratnawulan, E. & Kusdiana, A (2014) Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar). JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/18042.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Setiawan, W., Asmira. O., Ariyana. Y., Bestary. R & Pudjiastuti. A. (2019) Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Sofyatiningrum, E., Sisdianan, E., Astuti, R., Hariyanti, E., Krisna, F.N & Tola, B. (2018). Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret Kesiapan Guru Sekolah Dasar dan Manajemen Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/39260.

Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan penerapannya di SD/MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(2), 197-214.

Usman, M. U (2016) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Abstract Views : 1215
Downloads Count: 620

Published

2023-11-06

How to Cite

Aini, R., Karma, I. N., & Affandi, L. H. (2023). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2062–2069. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6035

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.