Strategi Manajemen Ekstrakurikuler Agama Islam dalam Membentuk Akhlaq al-Karimah: Studi Kasus di SMA Fitrah Insani Bale Endah Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12787Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan manajemen kegiatan ekstrakurikuler agama Islam dalam meningkatkan akhlaq al-karimah siswa di SMAIT Fitrah Insani Bale Endah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah manajemen yang sistematis, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, sangat efektif dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler agama Islam. Perencanaan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan memastikan kegiatan selaras dengan visi sekolah. Pelaksanaan kegiatan, seperti tilawah, sholat berjamaah, mentoring, dan mabit, berkontribusi signifikan terhadap pembentukan disiplin dan kebiasaan baik siswa. Evaluasi yang komprehensif memberikan umpan balik untuk pengembangan program secara berkelanjutan. Penelitian ini juga menemukan bahwa model pengembangan berbasis partisipasi, pembiasaan, dan refleksi efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami secara holistik. Keterlibatan aktif siswa dalam perencanaan hingga evaluasi memperkuat internalisasi nilai-nilai Islam. Kesimpulannya, manajemen kegiatan ekstrakurikuler agama Islam yang terintegrasi dan berbasis nilai dapat menjadi acuan untuk menciptakan pendidikan karakter berbasis keislaman di tingkat sekolah menengah atas. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur dan praktik pengelolaan pendidikan karakter di Indonesia.
Keywords:
Manajemen kegiatan ekstrakurikuler, Pendidikan karakter Islami, Akhlaq al-karimah, Model pengembangan partisipatif, Evaluasi berkelanjutanDownloads
References
Al-Ghazali, I. (2008). Ringkasan ihya’ulumuddin. Akbar Media.
Hadian, D. B. S. (2024). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Ektrakurikukler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ilham, M., Marzuki, M., Hardiyanti, W. E., & Yuliani, S. (2022). Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 107–118.
Latifah, S., Abrianto, D., & Zulfi Imran, M. H. (2023). Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Permendikbud-RI-No.5. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia No 5 Th 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. In Menteri Pendidikan dan Kebudayaan indonesia.
Prastowo, A. (2015). Pembelajaran Konstruktivistik-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. MBR (Management and Business Review), 3(2), 83–94.
Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14.
Rahmat, A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Zahir Publishing.
Ramatni, A. (2024). Manajemen Pendidikan Non-Formal. Deepublish.
Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Purwoko, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work