Strategi Manajemen Ekstrakurikuler Agama Islam dalam Membentuk Akhlaq al-Karimah: Studi Kasus di SMA Fitrah Insani Bale Endah Kabupaten Bandung

Authors

  • Purwoko Universitas Islam Nusantara
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan manajemen kegiatan ekstrakurikuler agama Islam dalam meningkatkan akhlaq al-karimah siswa di SMAIT Fitrah Insani Bale Endah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah manajemen yang sistematis, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, sangat efektif dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler agama Islam. Perencanaan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan memastikan kegiatan selaras dengan visi sekolah. Pelaksanaan kegiatan, seperti tilawah, sholat berjamaah, mentoring, dan mabit, berkontribusi signifikan terhadap pembentukan disiplin dan kebiasaan baik siswa. Evaluasi yang komprehensif memberikan umpan balik untuk pengembangan program secara berkelanjutan. Penelitian ini juga menemukan bahwa model pengembangan berbasis partisipasi, pembiasaan, dan refleksi efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami secara holistik. Keterlibatan aktif siswa dalam perencanaan hingga evaluasi memperkuat internalisasi nilai-nilai Islam. Kesimpulannya, manajemen kegiatan ekstrakurikuler agama Islam yang terintegrasi dan berbasis nilai dapat menjadi acuan untuk menciptakan pendidikan karakter berbasis keislaman di tingkat sekolah menengah atas. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur dan praktik pengelolaan pendidikan karakter di Indonesia.

Keywords:

Manajemen kegiatan ekstrakurikuler, Pendidikan karakter Islami, Akhlaq al-karimah, Model pengembangan partisipatif, Evaluasi berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, I. (2008). Ringkasan ihya’ulumuddin. Akbar Media.

Hadian, D. B. S. (2024). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Ektrakurikukler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ilham, M., Marzuki, M., Hardiyanti, W. E., & Yuliani, S. (2022). Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 107–118.

Latifah, S., Abrianto, D., & Zulfi Imran, M. H. (2023). Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Permendikbud-RI-No.5. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia No 5 Th 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. In Menteri Pendidikan dan Kebudayaan indonesia.

Prastowo, A. (2015). Pembelajaran Konstruktivistik-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. MBR (Management and Business Review), 3(2), 83–94.

Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14.

Rahmat, A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Zahir Publishing.

Ramatni, A. (2024). Manajemen Pendidikan Non-Formal. Deepublish.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Downloads

Abstract Views : 21
Downloads Count: 21

Published

2025-04-07

How to Cite

Purwoko, P., Hanafiah, H., & Fatkhullah, F. K. (2025). Strategi Manajemen Ekstrakurikuler Agama Islam dalam Membentuk Akhlaq al-Karimah: Studi Kasus di SMA Fitrah Insani Bale Endah Kabupaten Bandung. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12787

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.