Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464Abstract
Penelitian ini menginvestigasi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan fokus pada gaya hidup berkelanjutan di kelas 1 SD Negeri Sisik Barat. Kurikulum Merdeka, sebuah inovasi pendidikan di Indonesia, bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dan mandiri. Salah satu komponen utama dari Kurikulum Merdeka adalah Profil Pelajar Pancasila, yang bertujuan mengembangkan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Sisik Barat telah berhasil mengintegrasikan konsep Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan dalam pembelajaran kelas 1. Guru-guru berperan sebagai pendamping yang membantu siswa mencapai target pembelajaran. Meskipun demikian, pelaksanaan projek ini menghadapi beberapa kendala, termasuk kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya pemahaman siswa tentang perilaku yang baik. Kesimpulannya, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Sisik Barat mencerminkan upaya positif dalam memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Namun, perlu upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kondisi fisik dan pengetahuan siswa guna mencapai hasil yang lebih optimal. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila dapat dilakukan di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada gaya hidup berkelanjutan.
Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Tema Gaya Hidup Berkelanjutan, sekolah dasarDownloads
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.
Ansari, A. H., Alpisah, A., & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 34-45.
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.
Atin, M. M. (2018). Nilai-Nilai Aqidah dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 244-255.
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562.
Jamila, S. H. (2023). Pengembangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tafhim Al-'Ilmi, 14(2), 292-309.
Kirk, J., & Miller, M. L. (1986). Reliability and validity in qualitative research (Vol. 1). Sage.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687-706.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Najla, A. P., Izzati, N. V., Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd Pada Kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 413-424.
Nurinayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13.
Nurkhan, N. (2016). Peningkatan kemampuan pengelolaan penilaian kurikulum 2013 melalui pendampingan bagi guru sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 44-54.
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574-1580.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167.
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132.
Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. FONDATIA, 6(3), 691-701.
Wati, S. R., & Al Hudawi, U. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(1), 14-23.
Yuliastuti, S. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Suriani, Khairun Nisa, Lalu Hamdian Affandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work