Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik Melalui Monitoring Kegiatan Ramadhan di SDN 2 Bawu

Authors

  • Intannia Cahyasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Alex Yusron Al Mufti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12623

Abstract

Permasalahan yang masih sering terjadi dalam kehidupan ini adalah minimnya karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan 1). Pentingnya untuk meningkatkan karakter peserta didik sejak usia dini, 2). Strategi meningkatkan karakter peserta didik melalui kegiatan monitoring ramadhan di SDN 2 Bawu. Metode pendekatan yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif dengan study kasus dimana subjek diteliti secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi data yaitu wawancara kepada guru PAI, kepala sekolah, dan peserta didik, kemudian observasi secara langsung di SDN 2 Bawu, serta analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Pentingnya untuk meningkatkan karakter peserta didik sejak usia dini dimaksudkan agar menghasilkan individu yang berkualitas tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi mereka, peserta didik dapat membangun dan memeperkuat karakter yang berakhlakul karimah serta berpusat pada ajaran islam seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, 2). Strategi meningkatkan karakter peserta didik melalui kegiatan monitoring ramadhan di SDN 2 Bawu, hasilnya dapat membentuk karakter pada setiap peserta didik yaitu menciptakan sikap tanggung jawab, kepedulian, disiplin, selalu bersikap jujur, dan adil, kerja keras, pantang menyerah, rendah hati, toleransi, menjadikan pribadi yang optimis, serta selalu percaya diri. Mereka yang memilki kebiasaan baik akan menjadi individu yang bermoral, begitupun sebaliknya. Dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan disekolah sebaiknya menanamkan kebiasaan positif dalam diri peserta didik sejak usia dini.   

 

Keywords:

Strategi Meningkatkan Karakter, Peserta Didik, Kegiatan Ramadhan, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Mufti, A. Y. (2016). Soft Skill Bagi Guru Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 13(1), 23–57.

Amran, H. (2023). Pembiasaan Sholat Dhuha Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang pada Siswa. Jurnal J-BKPI, 03(02), 80–89.

Andayani, A. dan Z. D. (2022). Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99–112.

Annisa, M. N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 347–351. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10159

Bastiana, Islamiati, S., Izzulhaq, M. Z., Wahdaniyah, N. I., Wulandari, T., Muhammad, C., & Jalil, A. (2022). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pelaksanaan Sholat Sunnah Dhuha dan Zikir Bersama di MTs Miftahul Khair Hartaco. Jurnal Lepa-Lepa Open, 2(2), 273–280. https: //ojs.unm.ac.id/JLLO/index

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitriani, W. (2017). Pemanfaatan Kultum Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMPN 1 Indapuri. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 74–79.

Hasanah, U., Wahyudin, U. R., & Waluyo, K. E. (2023). Pembiasaan Solat Dhuha Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MI Al Fatah Banyusari Karawang. Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1769–1775.

Hayati, S. N. (2017). KARIMAH SISWA ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri. Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Kharimah Siswa, 1(1), 43–54.

Hozaimi. (2022). Strengthening the Character of Pancasila Students Through The Activities Of The Ramdhan Islamic Boarding School (Study At Islamic Elementary Plus Salsabila Al Ikhsan Magelang). : : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 5(1), 93–107.

Jaya, P. H. I., Aditya, R., Ummatin, K., Rahman, T., Noorkamilah, Nurjannah, Daulay, H., Desi Susanti, E., Nazili, M., Sakur, M., Rafli Ilham, M., Slamet, Khuluq, L., Irsyadunnas, Rosyid Ridla, M., Septiani Tavip Hayati, E., Abu Suhud, M., & Musyriffin, Z. (2021). DIORAMA: Kumpulan Naskah Ceramah dan Khutbah (Vol. 1). www.samudrabiru.co.id

Kunarso. (2022). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dalam meningkatkan Karakter Peserta Didik. AL BAYAN, Jurnal Pengembangan Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–23.

Mudzakir. (2022). Aktivitas Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 81–100. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1578

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1(1), 1301–1309. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.162

Muthmainnah, A., & Aljamaliah, S. N. M. (2024). Pengembangan Nilai-Nilai Religius Siswa melalui Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 75. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.17595

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 229–238. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3267/2742

Nurjanah, A. (2017). Pengaruh Mengikuti Kegiatan Tausiyah Rutin Terhadap Tingkat Pengetahuan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Al-Ta’dib, 9(1), 53–54.

Saputra, E., Rahmah, F., Hafizah, Magfirah, Haryati, N., Akbar, R., Zumara, W., & Ara, W. (2022). Pesantren Kilat Uyem Beriring Sebagai Upaya Peningkatan Ibadah Siswa/I Sd Negeri 03 Tripe Jaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i1.6

Suroto. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Puasa Ramadhan. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 251–260. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i1.1141

Tamimi, T. A., Sulistiana, & Hami, W. (2022). Pembentuakn Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di SMPN 3 Bojong. Jurnal Al-Miskawaih, 3(2), 70–71. https://doi.org/10.58410/al-miskawaih.v3i2.577

Yunus, M., Silviani, H., & Juanda, A. (2020). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Thoriqotuna : Jurnal Pendidikan Islam, 377–388.

Zulihi, Z., Yusuf, M., & Prasojo, Z. H. (2023). Pembiasaan Al-Akhlaq Al-Karimah Melalui Komunikasi Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) Yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) di Kota Jayapura. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 143–160. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3947

Downloads

Abstract Views : 20
Downloads Count: 19

Published

2025-04-04

How to Cite

Cahyasari, I., & Al Mufti, A. Y. (2025). Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik Melalui Monitoring Kegiatan Ramadhan di SDN 2 Bawu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12623

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.