Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SD Negeri 006 Melak Kabupaten Kutai Barat
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11399Abstract
Dalam memahami pencapaian kemajuan pendidikan dipengaruhi faktor diantaranya bakat dan minat siswa, ruang lingkup sekolah, ruang guru, ruang tenaga pendidikan (tendik), dan ruang pembelajaran, dan sebagainya. Gaya kepemimpinan dan penerapan peran kepemimpinan Kepala Sekolah menjadi hal penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Di SDN 006 Melak diperoleh temuan awal bahwa Kepala Sekolah sudah melaksanakan perannya dengan baik. Pada penelitian ini dilakukan analisis lebih mendalam terkait gaya kepemimpinan, penerapan peran kepemimpinan, dan prestasi belajar siswa di SDN 006 Melak. Jenis penelitian ini adalah field study dengan teknik analisis data menggunakan aplikasi NVivo dengan interpretasi menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan merupakan gaya kepemimpinan demokratis. Kepala Sekolah menjalankan tujuh peran kepemimpinan yakni edukator, manajer, supervisor, administrator, leader, inovator, dan motivator dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa beberapa siswa belum mengalami peningkatan prestasi terutama di bidang numerik. Meskipun demikian, masih lebih banyak siswa yang mengalami peningkatan prestasi. Kesimpulan penelitian adalah gaya kepemimpinan dan penerapan peran kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik secara efektif meningkatkan prestasi siswa di SDN 006 Melak dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dan masih perlu dilakukan perbaikan untuk mengatasi siswa yang belum mengalami peningkatan prestasi belajar
Keywords:
Efektivitas, Kepemimpinan, Prestasi Belajar SiswaDownloads
References
Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97–114.
Bevan, N., & Sharon, T. (2009). Pengertian Studi Lapangan.
Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47–60.
Diana, E., Sunnah, H., & Khoiriyah, S. W. (2021). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 237–256.
Harjati, E., & Anggoro, S. (2021). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja dan Prestasi Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1).
Hasnawati, S., Muchtar, & Ruslan, M. (2021). Gaya Kepemimpinan dan Peningkatan Kinerja. Pustaka Almaida.
Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo. SAGE Publications Sage UK: London, England.
Khalid, I., Rita, R., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Jambi. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 139–157.
Maisyura, Aisyah, T., & Nur Ilham, R. (2022). Transformational leadership In organizational redesign. Jurnal Ekonomi, 11(3), 478–488.
Putri, A. I., Junriana, Sujono, A., Nova, S. E., & Erheriyanti. (2020). Hubungan Antara Sikap Kepemimpinan dengan Etika Organisasi: Suatu Tinjauan. Jisipol, 2(1), 330–344.
Solikin, A., Fatchurahman, M., & Supardi, S. (2017). Pemimpin yang melayani dalam membangun bangsa yang mandiri: A serving leader in developing independent nation. Anterior Jurnal, 16(2), 90–103.
Suriansyah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal cakrawala pendidikan, 34(2).
Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.
Uhl-Bien, M. (2021). Complexity leadership and followership: Changed leadership in a changed world. Journal of Change Management, 21(2), 144–162.
Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah. Umsida Press.
Zhou, Y., Soh, Y. ., Loh, H. S., & Yuen, K. F. (2020). The key challenges and critical success factors of blockchain implementation: Policy implications for Singapore’s maritime industry. Marine policy, 122, 104265.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hadiansyah, Syamsuddin Mallala, Jaka Warsihna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work