Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6035Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyusunan soal evaluasi berbasis HOTS dan mendeskripsikan kesulitan guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Inpres Nae. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dimana subjek penelitian ini adalah guru di SDN Inpres Nae yang mengajar pada kelas IV, V dan VI dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang. Data dianalisis dari hasil pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi berupa dokumen PAS. Data kemudian direduksi, disajikan data dalam bentuk uraian serta ditarik kesimpulan. Berdasarkan data diperoleh dapat diketahui bahwa dalam langkah-langkah penyusunan soal HOTS masih banyak guru-guru yang tidak mengenal bagaimana langkah-langkah penyusunan HOTS yang terdiri dari menganalisis KD, menyusun kisi-kisi soal, memilih stimulus yang tepat dan kontekstual, menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal dan membuat pedoman pensekoran dan kunci jawaban. Hal ini memberikan dampak besar dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, dimana ditemui kesulitan guru diantaranya; 1) Kesulitan menganalisis tingkat kognitif pada Kompetensi Dasar, 2) Kesulitan merumuskan bentuk soal muatan HOTS dan 3) Kesulitan membuat dan menemukan stimulus yang tepat dan kontekstual yang dapat digunakan agar sejalan dengan kompetensi dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru di SDN Inpres Nae mengalami banyak kesulitan dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, hal ini didorong oleh minimnya sosialisasi dari pemerintah dalam memberikan pelatihan dan bimbingan menyeluruh terhadap setiap sekolah.
Keywords:
Higher Order Thinking Skills, kesulitan guru, kurikulum 2013Downloads
References
Ariyana, Y, Pudjiastuti, A., Bestary, R & Zamroni. (2018) Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Guru Pendidikan Dasar (2019) Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS, di akses tgl 12 Mei 2023. https://gurudinas.kemendikbud.go.id/news/Pengembangan-Pembelajaran-berorientasi-HOTS
Fanani, M. Z., (2018) Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013 Vol II No 1, hal. 57-76.
Hardani.,dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Helmawati. (2019) Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Johansson, E. (2020). The Assessment of Higher-order Thinking Skills in Online EFL Courses: A Quantitative Content Analysis. NJES Nordic Journal of English Studies, 19(1), 224–256. https://doi.org/10.35360/njes.519.
Kamal, M. (2019) Guru: Suatu kajian Teoritis dan Praktis. Bandar lampung: CV Anugrah Utama Raharja
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568.
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120.
Pratiwi, L. F. (2022) Analisis kemampuan guru dalam membuat soal tipe HOTS (Higher Order Thinking skills) mata pelajaran Matematika. (Skripsi) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia.
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.
Ramadhanti, S. (2020) Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal HOTS Muatan Pelajaran IPS di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
Ratnawulan, E. & Kusdiana, A (2014) Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar). JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/18042.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Setiawan, W., Asmira. O., Ariyana. Y., Bestary. R & Pudjiastuti. A. (2019) Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Sofyatiningrum, E., Sisdianan, E., Astuti, R., Hariyanti, E., Krisna, F.N & Tola, B. (2018). Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret Kesiapan Guru Sekolah Dasar dan Manajemen Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/39260.
Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan penerapannya di SD/MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(2), 197-214.
Usman, M. U (2016) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rakyal Aini, I Nyoman Karma, Lalu Hamdian Affandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work