Metode Solfegio Sebagai Strategi Untuk Melatih Kemampuan Musikalitas Siswa Kelas X di SMK Non Jurusan Musik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12259Abstract
Pendidikan musik merupakan sarana strategis untuk mengembangkan musikalitas siswa, khususnya di tingkat sekolah menengah. Namun, siswa kelas X non-jurusan seni musik sering mengalami kesulitan dalam membaca dan mengenal notasi musik akibat kurangnya dasar teori musik dan pendekatan pembelajaran yang sistematis. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas metode Solfegio dalam meningkatkan musikalitas siswa melalui pendekatan literatur review. Metode Solfegio mencakup latihan mendengarkan (ear training), membaca notasi musik (sight reading), dan menyanyikan melodi (sight singing). Artikel yang dikaji dipilih berdasarkan relevansi dan tahun penerbitan (2014–2024), menghasilkan 10 artikel sebagai sumber data utama. Hasil analisis menunjukkan metode ini dapat mengasah kepekaan siswa terhadap ritme, melodi, harmoni, dan ekspresi musical. Dengan sintaks pembelajaran yang terstruktur, metode Solfegio dapat memberikan fondasi kokoh bagi keterampilan musik siswa non-jurusan seni musik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Solfegio dapat menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik secara holistik, membangun kepekaan musikal, serta menumbuhkan minat siswa terhadap musik.
Keywords:
Metode Solfegio, Musikalitas, Seni MusikDownloads
References
Asmoro, A. (2014). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Vokal Dengan Menerapkan Metode Solfegio. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31, 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5680%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/viewFile/5680/4551
Djohan, D. (2009). Kemampuan Musikalitas Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 111–129. https://doi.org/10.21831/pep.v13i1.1405
Hapsari, B. I., Syukuri, M., & Yusuf, A. (2021). Pengembangan kecerdasan musikal dalam pembelajaran musik angklung pada anak usia 5-6 tahun di TK. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Husna, M. N. (2017). Penerapan Metode Solfeggio Untuk Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kelas Vii. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i1.6636
Kristiana, L., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Profil Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 85. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.48456
Lumbantobing. (2022). Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training dan Menuliskan Dalam Bermusik. Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training Dan Menuliskan Dalam Bermusik, 4(20), 1349–1358.
Lumbantoruan, J. (2020). Using SAVI Model in Learning Solfeggio. 414(Iceshe 2019), 177–180. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.035
Mimanda, F. V. (2023). The Application Of The Solfegio Method In Learning Major Instrument Practice ( string ) II In The Music Education Study Program , Department Of Music , Faculty Of Language And Arts , Universitas Negeri Padang. 10(2), 76–91.
Putriani & Respati. (2024). PENGGUNAAN MEDIA RHYTM SECTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. 8(1), 2614–1752.
Sukrisna & Santoso. (2024). Studi Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Musikalitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Studi Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Musikalitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar, 1–16.
Sumaryanto, F. T. (2005). Efektivitas Penggunaan Metode Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik Di Sekolah Dasar (the Efektivity of Use of Solfigio Method To Teaching of Music Skill in Elementary). Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 6(2), 1–10.
Sumaryanto, T. (2000). Oleh F. Totok Sumaryanto. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 1, 1.
Tarigan, & Respati. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Anak di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 8(4), 818–826. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Novianti, Nandang Rusmana, Maulia Depriya Kembara, Udin Syaefudin Sa’ud, Atep Sujana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work