Metode Solfegio Sebagai Strategi Untuk Melatih Kemampuan Musikalitas Siswa Kelas X di SMK Non Jurusan Musik

Authors

  • Dwi Novianti UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Nandang Rusmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maulia Depriya Kembara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Udin Syaefudin Sa’ud Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12259

Abstract

Pendidikan musik merupakan sarana strategis untuk mengembangkan musikalitas siswa, khususnya di tingkat sekolah menengah. Namun, siswa kelas X non-jurusan seni musik sering mengalami kesulitan dalam membaca dan mengenal notasi musik akibat kurangnya dasar teori musik dan pendekatan pembelajaran yang sistematis. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas metode Solfegio dalam meningkatkan musikalitas siswa melalui pendekatan literatur review. Metode Solfegio mencakup latihan mendengarkan (ear training), membaca notasi musik (sight reading), dan menyanyikan melodi (sight singing). Artikel yang dikaji dipilih berdasarkan relevansi dan tahun penerbitan (2014–2024), menghasilkan 10 artikel sebagai sumber data utama. Hasil analisis menunjukkan metode ini dapat mengasah kepekaan siswa terhadap ritme, melodi, harmoni, dan ekspresi musical. Dengan sintaks pembelajaran yang terstruktur, metode Solfegio dapat memberikan fondasi kokoh bagi keterampilan musik siswa non-jurusan seni musik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Solfegio dapat menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik secara holistik, membangun kepekaan musikal, serta menumbuhkan minat siswa terhadap musik.

Keywords:

Metode Solfegio, Musikalitas, Seni Musik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, A. (2014). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Vokal Dengan Menerapkan Metode Solfegio. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31, 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5680%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/viewFile/5680/4551

Djohan, D. (2009). Kemampuan Musikalitas Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 111–129. https://doi.org/10.21831/pep.v13i1.1405

Hapsari, B. I., Syukuri, M., & Yusuf, A. (2021). Pengembangan kecerdasan musikal dalam pembelajaran musik angklung pada anak usia 5-6 tahun di TK. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Husna, M. N. (2017). Penerapan Metode Solfeggio Untuk Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kelas Vii. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i1.6636

Kristiana, L., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Profil Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 85. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.48456

Lumbantobing. (2022). Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training dan Menuliskan Dalam Bermusik. Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training Dan Menuliskan Dalam Bermusik, 4(20), 1349–1358.

Lumbantoruan, J. (2020). Using SAVI Model in Learning Solfeggio. 414(Iceshe 2019), 177–180. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.035

Mimanda, F. V. (2023). The Application Of The Solfegio Method In Learning Major Instrument Practice ( string ) II In The Music Education Study Program , Department Of Music , Faculty Of Language And Arts , Universitas Negeri Padang. 10(2), 76–91.

Putriani & Respati. (2024). PENGGUNAAN MEDIA RHYTM SECTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. 8(1), 2614–1752.

Sukrisna & Santoso. (2024). Studi Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Musikalitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Studi Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Musikalitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar, 1–16.

Sumaryanto, F. T. (2005). Efektivitas Penggunaan Metode Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik Di Sekolah Dasar (the Efektivity of Use of Solfigio Method To Teaching of Music Skill in Elementary). Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 6(2), 1–10.

Sumaryanto, T. (2000). Oleh F. Totok Sumaryanto. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 1, 1.

Tarigan, & Respati. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Anak di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 8(4), 818–826. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Downloads

Abstract Views : 56
Downloads Count: 37

Published

2025-03-22

How to Cite

Novianti, D., Rusmana, N., Kembara, M. D., Sa’ud, U. S., & Sujana, A. (2025). Metode Solfegio Sebagai Strategi Untuk Melatih Kemampuan Musikalitas Siswa Kelas X di SMK Non Jurusan Musik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12259

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.