Pengembangan Media Video Animasi Dengan Konsep Etnomatematika “Makanan Tradisional Khas Sasak” Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9171Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi dengan konsep etnomatematika makanan tradisional khas sasak yang yang valid dan praktis pada pembelajaran bangun datar untuk kelas 1 SDN 1 Wakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi mendapatkan persentase 81,9% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, persentase 92% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, persentase 96,67% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, persentase 100% dengan kriteria sangat praktis dari respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan hasil persentase respon siswa pada uji coba kelompok besar mendapat hasil 97,4% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan media video animasi dengan konsep etnomatematika “makanan tradisional khas Sasak” pada materi bangun datar untuk siswa keelas 1 SDN 1 Wakan tersebut yang dilakukan melalui 5 tahapan dapat dinyatakan telah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan di dalam kelas.
Keywords:
Video Animasi, Bangun datar, Etnomatematika, Makanan Tradisional Khas SasakDownloads
References
Akbar, TN. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan.1(6). 1120-1126.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Dewi, P. D. P., & Suniasih, ni W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Idris, N., & Narayanan, L. M. (2011). Error Patterns in Addition and Subtraction of Fractions among Form Two Students. Journal of Mathematics Education, 4(2), 35–54. http://educationforatoz.com/images/Idris.pdf
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 522.
Lamote, H. (2017). Kesulitan-Kesulitan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Ddi Labibia. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 68.
Milkhaturrohman, Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94–106. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2095
Naila Muna, K., & Wardhana, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Pribadi, R. B. A. (2009). Model-model Desain Sistem Pembelajaran. PT. Dian Rakyat. Jakarta.
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
Sofnidar, & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. 3(2), 257–275.
Syafriati, & Nelmira, W. (2023). Pengembangan Media Video Pembuatan Belahan Mata Pelajaran Teknologi Menjahit. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1–8.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Tika, Y., & Armaini. (2019). Media Video Animasi dalam Pendidikan Seks Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 41–46.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riana Vita Hariani, Lalu Hamdian Affandi, Vivi Rachmatul Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work