Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTANUM) Materi Penjumlaan Pengurangan di SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10284Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana..kelayakan dan kemenarikan media Permainan ular tangga numerasi (ULTANUM) khususnya pada materi penjumlahan pengurangan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakan media oleh guru mendapatkan nilai 96,4% dengan kategori "sangat layak", penilaian validasi ahli media mendapatkan nilai 96,6%, penilaian ahli materi mendapatkan nilai 96,8% mendapat kategori “Sangat Layak”, dan angket ketertarikan siswa mendapatkan persentase 94% dengan kategori "sangat menarik". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Permainan Ular Tangga Numerasi (ULTANUM) sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan
Keywords:
numerasi, penjumlahan pengurangan, matematika, permainan ular tanggaDownloads
References
Aela, Aela Mumazizah, Mohamad Fatih, and Cindya Alfi. 2023. “Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I Sd.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 5260–72. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8739.
Alfi, C., S. Sumarmi, and A. Amirudin. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (4): 597–602.
Alfi, Cindya, Mohamad Fatih, and Khilyatul Izah Islamiyah. 2022. “Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 6 (2): 351. https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/487.
Fatih, Mohamad. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Puzzle Pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK Dan FPB (Studi Pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar).” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 5 (2): 348. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.348.
Rosyada, Amrina, Mohamad Fatih, and Cindya Alfi. 2023. “Pengembangan Permainan Finding Treasure Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Sebagai Upaya Peningkatan Bernalar Kritis Siswa Kelas Iv Upt Sd Negeri Sumberboto 05 Kabupaten Blitar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 4220–30.
Sakmawati, Sakmawati, Muti’ah Muti’ah, and Saprizal Hadisaputra. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA/MA Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit.” Chemistry Education Practice 6 (2): 310–15. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3738.
Tresnaningtyas, Rika Putri, Cindya Alfi, and Mohamad Fatih. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 6037–48.
Wati, Anjelina. 2021. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurisa Rohmatul Izati, Cindya Alfi, Mohamad Fatih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work