Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTANUM) Materi Penjumlaan Pengurangan di SD

Authors

  • Nurisa Rohmatul Izati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana..kelayakan dan kemenarikan media Permainan ular tangga numerasi (ULTANUM) khususnya pada materi penjumlahan pengurangan. Metode yang digunakan adalah  penelitian dan pengembangan (R&D). Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakan media oleh guru mendapatkan nilai 96,4% dengan kategori "sangat layak", penilaian validasi  ahli media mendapatkan nilai 96,6%, penilaian ahli materi mendapatkan nilai 96,8% mendapat kategori “Sangat Layak”, dan angket ketertarikan siswa mendapatkan persentase 94% dengan kategori "sangat menarik". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Permainan Ular Tangga  Numerasi (ULTANUM) sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan

Keywords:

numerasi, penjumlahan pengurangan, matematika, permainan ular tangga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aela, Aela Mumazizah, Mohamad Fatih, and Cindya Alfi. 2023. “Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I Sd.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 5260–72. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8739.

Alfi, C., S. Sumarmi, and A. Amirudin. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (4): 597–602.

Alfi, Cindya, Mohamad Fatih, and Khilyatul Izah Islamiyah. 2022. “Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 6 (2): 351. https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/487.

Fatih, Mohamad. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Puzzle Pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK Dan FPB (Studi Pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar).” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 5 (2): 348. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.348.

Rosyada, Amrina, Mohamad Fatih, and Cindya Alfi. 2023. “Pengembangan Permainan Finding Treasure Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Sebagai Upaya Peningkatan Bernalar Kritis Siswa Kelas Iv Upt Sd Negeri Sumberboto 05 Kabupaten Blitar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 4220–30.

Sakmawati, Sakmawati, Muti’ah Muti’ah, and Saprizal Hadisaputra. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA/MA Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit.” Chemistry Education Practice 6 (2): 310–15. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3738.

Tresnaningtyas, Rika Putri, Cindya Alfi, and Mohamad Fatih. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 6037–48.

Wati, Anjelina. 2021. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728.

Downloads

Abstract Views : 222
Downloads Count: 72

Published

2024-12-31

How to Cite

Izati, N. R., Alfi, C., & Fatih, M. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTANUM) Materi Penjumlaan Pengurangan di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10284

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.