Peningkatan Nilai Prosocial Behaviour Melalui Model Pembelajaran Cognitive Moral Development

Studi pre-experimental design Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aiman Faiz Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Imas Kurniawaty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vini Agustiani Hadian Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11062

Abstract

Untuk mengimbangi adanya kekhawatiran yang muncul karena adanya perubahan perilaku manusia yang disebabkan adanya kemajuan teknologi yang pesat dan tidak terbendung, bidang pendidikan perlu memberikan berbagai penguatan salah satunya melalui proses pembelajaran. Penelitian untuk melihat peningkatan kemampuan nilai prososial siswa SD melalui model cognitive moral development. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen pre-experimental design One – Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menghasilkan fakta pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai prosocial behaviour dengan menggunakan teori Kohlberg pada model Cognitive moral development lebih baik dibanding kelas kontrol. Model Cognitive moral development efektif digunakan dalam memberikan penguatan nilai pada siswa Sekolah Dasar. Faktor lain dalam meningkatkan efektivitas tersebut adalah peran media cerita dilema moral yang dirancang sebagai pola treatment pada penelitian ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi stakeholder Pendidikan bahwa untuk meningkatkan nilai prososial pada anak Sekolah Dasar, guru bisa mengembangkan pembelajaran dengan model yang aktif dan variatif, sehingga siswa dapat memahami konteks pembelajaran yang disampaikan karena mudah dipahami dan juga sesuai dengan kondisi psikologis anak yang tumbuh pada era modernisasi pembelajaran.

Keywords:

Perilaku Prososial, Cognitive Moral Development, Cerita dilema moral

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, J. (1988). Promoting Preschoolers’ Moral Reasoning. Early Child Development and Care, 33(1–4), 171–180. https://doi.org/10.1080/0300443880330113

Auvisena, A. U., Faiz, A., & Aeni, K. (2021). Studi literatur : Analisis pengaruh dan upaya pengembangan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. 19(1), 1–6.

Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial di sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92.

Bleazby, J. (2019). Fostering moral understanding, moral inquiry & moral habits through philosophy in schools: a Deweyian analysis of Australia’s Ethical Understanding curriculum . Journal of Curriculum Studies, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1650116

Christina Sterbenz. (2015). Here’s who comes after Generation Z and they’ll be the most transformative age group ever. Business Insider. Drath.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Thousand Oaks California.

Duska, R., & Whelan, M. (1982). Perkembangan Moral. Perkenalan dengan Piaget dan Kohlberg. Terjemahan Dwija Atmaka. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Fadlurohrman, F. (2021). Seorang Ustaz Hamili Santrinya, Sudah Lahir 8 Bayi, Korban Ada 12, Pesantren di Cibiru Kota Bandung.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Faiz, A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Media Cerita Animasi Untuk Meningkatkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://repository.upi.edu/88435/

Faiz, A., Purwati, P., & Kurniawaty, I. (2020). Construction of Prosocial Empathy Values Through Project Based Learning Methods Based on Social Experiments (Study of Discovering Cultural Themes in the Sumber-Cirebon Society). Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6220

Hakam, K. A., & Nurdin, E. S. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: CV Maulana Media Grafika.

Haslip, M. J., Allen-Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do children and teachers demonstrate love, kindness and forgiveness? Findings from an early childhood strength-spotting intervention. Early Childhood Education Journal, 47(5), 531-547.

Koesoema, D. (2018). Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta: Grasindo.

Kohlberg, L. (1963). Moral development and identification.

Kohlberg, Lawrence, & Hersh, R. H. (1977). Moral Development: A Review of the Theory. Theory Into Practice, 16(2), 53–59. https://doi.org/10.1080/00405847709542675

Mardanti, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS DILEMA MORAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL UNTUK ANAK KELAS TINGGI DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU, BANTUL. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7(8), 741-, 741–750.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.

Nucci dan Narvaez. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media.

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Rosa, M., & Estrada, B. (2022). The construction of moral personality paradigm. (September).

Rosadi, A., Erihadiana, M., & Muhibinsyah. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ILMU TEKNOLOGI DARUL FALAH PACET. JURNAL PENELITIAN DAN PEMIKIRAN KEISLAMAN, 10(3).

Watson. (1984). Psychology Science and Application. Illions: Scoot Foresmar and Company.

Winecoff, Herbert Larry & Bufford, C. (1985). Toward Improved Instruction, A Curriculum Development Handbook for Instructional Schoo. AISA.

Wismaliya, R., Hakam, K. A., Rahman, R., & Solehuddin, M. (2021). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 850-860.

Wismaliya, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF MORAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERTIMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR: Penelitian dan Pengembangan Model Pembelajaran di SDN 2 Pasirtamiang Ciamis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Abstract Views : 196
Downloads Count: 94

Published

2025-01-21

How to Cite

Faiz, A., Kurniawaty, I., & Hadian, V. A. (2025). Peningkatan Nilai Prosocial Behaviour Melalui Model Pembelajaran Cognitive Moral Development: Studi pre-experimental design Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11062

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.