Peningkatan Nilai Prosocial Behaviour Melalui Model Pembelajaran Cognitive Moral Development
Studi pre-experimental design Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11062Abstract
Untuk mengimbangi adanya kekhawatiran yang muncul karena adanya perubahan perilaku manusia yang disebabkan adanya kemajuan teknologi yang pesat dan tidak terbendung, bidang pendidikan perlu memberikan berbagai penguatan salah satunya melalui proses pembelajaran. Penelitian untuk melihat peningkatan kemampuan nilai prososial siswa SD melalui model cognitive moral development. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen pre-experimental design One – Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menghasilkan fakta pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai prosocial behaviour dengan menggunakan teori Kohlberg pada model Cognitive moral development lebih baik dibanding kelas kontrol. Model Cognitive moral development efektif digunakan dalam memberikan penguatan nilai pada siswa Sekolah Dasar. Faktor lain dalam meningkatkan efektivitas tersebut adalah peran media cerita dilema moral yang dirancang sebagai pola treatment pada penelitian ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi stakeholder Pendidikan bahwa untuk meningkatkan nilai prososial pada anak Sekolah Dasar, guru bisa mengembangkan pembelajaran dengan model yang aktif dan variatif, sehingga siswa dapat memahami konteks pembelajaran yang disampaikan karena mudah dipahami dan juga sesuai dengan kondisi psikologis anak yang tumbuh pada era modernisasi pembelajaran.
Keywords:
Perilaku Prososial, Cognitive Moral Development, Cerita dilema moralDownloads
References
Allen, J. (1988). Promoting Preschoolers’ Moral Reasoning. Early Child Development and Care, 33(1–4), 171–180. https://doi.org/10.1080/0300443880330113
Auvisena, A. U., Faiz, A., & Aeni, K. (2021). Studi literatur : Analisis pengaruh dan upaya pengembangan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. 19(1), 1–6.
Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial di sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92.
Bleazby, J. (2019). Fostering moral understanding, moral inquiry & moral habits through philosophy in schools: a Deweyian analysis of Australia’s Ethical Understanding curriculum . Journal of Curriculum Studies, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1650116
Christina Sterbenz. (2015). Here’s who comes after Generation Z and they’ll be the most transformative age group ever. Business Insider. Drath.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Thousand Oaks California.
Duska, R., & Whelan, M. (1982). Perkembangan Moral. Perkenalan dengan Piaget dan Kohlberg. Terjemahan Dwija Atmaka. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Fadlurohrman, F. (2021). Seorang Ustaz Hamili Santrinya, Sudah Lahir 8 Bayi, Korban Ada 12, Pesantren di Cibiru Kota Bandung.
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
Faiz, A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Media Cerita Animasi Untuk Meningkatkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://repository.upi.edu/88435/
Faiz, A., Purwati, P., & Kurniawaty, I. (2020). Construction of Prosocial Empathy Values Through Project Based Learning Methods Based on Social Experiments (Study of Discovering Cultural Themes in the Sumber-Cirebon Society). Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6220
Hakam, K. A., & Nurdin, E. S. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: CV Maulana Media Grafika.
Haslip, M. J., Allen-Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do children and teachers demonstrate love, kindness and forgiveness? Findings from an early childhood strength-spotting intervention. Early Childhood Education Journal, 47(5), 531-547.
Koesoema, D. (2018). Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta: Grasindo.
Kohlberg, L. (1963). Moral development and identification.
Kohlberg, Lawrence, & Hersh, R. H. (1977). Moral Development: A Review of the Theory. Theory Into Practice, 16(2), 53–59. https://doi.org/10.1080/00405847709542675
Mardanti, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS DILEMA MORAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL UNTUK ANAK KELAS TINGGI DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU, BANTUL. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7(8), 741-, 741–750.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.
Nucci dan Narvaez. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media.
Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896
Rosa, M., & Estrada, B. (2022). The construction of moral personality paradigm. (September).
Rosadi, A., Erihadiana, M., & Muhibinsyah. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ILMU TEKNOLOGI DARUL FALAH PACET. JURNAL PENELITIAN DAN PEMIKIRAN KEISLAMAN, 10(3).
Watson. (1984). Psychology Science and Application. Illions: Scoot Foresmar and Company.
Winecoff, Herbert Larry & Bufford, C. (1985). Toward Improved Instruction, A Curriculum Development Handbook for Instructional Schoo. AISA.
Wismaliya, R., Hakam, K. A., Rahman, R., & Solehuddin, M. (2021). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 850-860.
Wismaliya, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF MORAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERTIMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR: Penelitian dan Pengembangan Model Pembelajaran di SDN 2 Pasirtamiang Ciamis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aiman Faiz, Imas Kurniawaty, Vini Agustiani Hadian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work