PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 060970
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.559Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 060970 belawan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas V A yang berjumlah 40 siswa( sebagai kelas eksperimen) dan kelas V B berjumlah 40 siswa (sebagai kelas kontrol). Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda. Di kelas eksperimen dengan model quantum learing dan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, berjumlah 30 butir soal yang telah di uji validasi dan realibilitasnya. Hasil penelitian di kelas V A (sebagai kelas eksperimen) menggunakan model quantum learning Memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 60,55 Kemudian setelah dilakukan pelakuan nilai rata-rata postest sebesar 86,05. Dan hasil penelitian untuk kelas V B (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 61,35 Setelah dilakukan perlakuan nilai rata-rata postest sebesar 70,875. Dari hasil uji-t diperoleh thitug = 6,615 sedangkan ttabel= 0,024 karena thitung> ttabel (7,105>2,024) Maka H0 diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil bahwa model quantum learning mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060970 Belawan
Keywords:
Quantum Learning, Hasil BelajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work