PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 060970

  • Diana Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Novalina Sembiring Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Quantum Learning, Hasil Belajar

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 060970 belawan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas V A yang berjumlah 40 siswa( sebagai kelas eksperimen) dan kelas V B berjumlah 40 siswa (sebagai kelas kontrol). Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda. Di kelas eksperimen dengan model quantum learing dan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, berjumlah 30 butir soal yang telah di uji validasi dan realibilitasnya. Hasil penelitian di kelas V A (sebagai kelas eksperimen)  menggunakan model quantum learning Memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 60,55 Kemudian  setelah dilakukan pelakuan nilai rata-rata postest sebesar 86,05. Dan hasil penelitian untuk kelas V B (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 61,35 Setelah dilakukan perlakuan nilai rata-rata postest sebesar 70,875. Dari hasil  uji-t diperoleh thitug = 6,615 sedangkan ttabel= 0,024 karena  thitung> ttabel (7,105>2,024) Maka H0 diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil bahwa model quantum learning mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060970 Belawan

Published
2020-11-29
How to Cite
Simanjuntak, D., Sembiring, N., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 060970. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 413-418. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.559
Section
Articles