HUBUNGAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA EMPAT SEHAT ITU PENTING DI KELAS V

  • Sarinia Harefa Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas
  • Regina Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Kurikulum 2013, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Empat Sehat Itu Penting yang dilakukan di Kelas V SD Swasta St. Antonius V Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas V SD Swasta St. Antonius V Medan yang berjumlah 127 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel purposive sampling, peneliti memilih kelas VB yang berjumlah sebanyak 43 siswa sebagai sampel. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif sejenis survey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis untuk menguji hipotesis maka peneliti menggunakan  teknik  hipotesis uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan peneliti dengan uij hipotesis menunjukkan bahwa kurikulum 2013 memiliki rata-rata 89,046 dengan kategori tinggi dan hasil belajar memiliki 83,37, dengan kategori sangat tinggi hal ini didukung dengan hasil pengujian hipotesis uji t dimana nilai thitung  ttabel  yaitu 5,946 1,681. Maka dengan demikian Ha diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antar hubungan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Swasta Santo Antonius V Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Published
2020-11-27
How to Cite
Harefa, S., Silaban, P., & Sipayung, R. (2020). HUBUNGAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA EMPAT SEHAT ITU PENTING DI KELAS V . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 320-326. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.477
Section
Articles