UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION

  • Sriayu Ginting Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas
  • Rumiris Lumbangaol Universitas Katolik Santo Thomas
  • patri silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Instruction

Abstract

Penelitian ini bermula dari masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD RK Katolik Namo Puli. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba mengajukan solusi dengan model problem based Instruction. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD RK Katolik Namo Puli. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD RK Katolik Namo Puli, yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD RK Katolik Namo Puli. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Instruction  terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD RK Katolik Namo Puli Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Published
2020-11-28
How to Cite
Ginting, S., Anzelina, D., Lumbangaol, R., & silaban, patri. (2020). UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 389-394. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.550
Section
Articles