PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 04 PANGKATAN

  • Megawati Valentina Pasaribu Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: eterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Pangkatan.Sampel dalam penelitian yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A dan kelas V B dengan jumlah 70 siswa.Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa adalah angket yang telah di uji validasi dan realibilitasnya.Setelah dilakukan pengukuran keterampilan mengajar guru, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 105,44. Motivasi belajar siswa didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 95,242. Hal ini berarti keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar di SD Negeri 04 Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu berada pada tingkat tinggi.Untuk mengetahui tingkat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar, digunakan rumus korelasi dari Pearson.Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung 0,785, yang berarti nilai korelasi kuat/berkorelasi.Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel.Diperoleh nilai thitung = 10,457 sedangkan ttabel = 1,995. Karena thitung ≥ ttabel (10,457 ≥ 1,995) maka Ho diterima dan Ha ditolak.Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa.

Published
2020-11-28
How to Cite
Pasaribu, M. V., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 04 PANGKATAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 375-380. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.528
Section
Articles