PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 04 PANGKATAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.528Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Pangkatan.Sampel dalam penelitian yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A dan kelas V B dengan jumlah 70 siswa.Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa adalah angket yang telah di uji validasi dan realibilitasnya.Setelah dilakukan pengukuran keterampilan mengajar guru, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 105,44. Motivasi belajar siswa didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 95,242. Hal ini berarti keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar di SD Negeri 04 Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu berada pada tingkat tinggi.Untuk mengetahui tingkat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar, digunakan rumus korelasi dari Pearson.Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung 0,785, yang berarti nilai korelasi kuat/berkorelasi.Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel.Diperoleh nilai thitung = 10,457 sedangkan ttabel = 1,995. Karena thitung ≥ ttabel (10,457 ≥ 1,995) maka Ho diterima dan Ha ditolak.Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa.
Keywords:
eterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar SiswaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work