MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV

  • Samiadi Zebua Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model STAD

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri No. 075061 Balodano Kec. Mandrehe Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 14 siswa (53,85%) sedangkan 12 siswa (46,15%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 69. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 22 siswa (84,61) dan yang tidak tuntas 4 siswa (15,38%) dengan rata-rata hasil belajar 88,46. Selanjutnya dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 68% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas kegiatan siswa yaitu 66% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 88% dengan kategori baik sekali sedangkan hasil observasi aktivitas kegiatan siswa memperoleh nilai 88% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division STAD terjadi peningkatan hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri No. 075061 Balodano Kec. Mandrehe Utara.

Published
2020-11-28
How to Cite
Zebua, S., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 350-355. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.498
Section
Articles