Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar

Authors

  • Atep Lesmana STKIP Purwakarta
  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Mubarok Somantri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Aisah STKIP Purwakarta
  • Nanda William Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 1 Cadassari  Kecamatan  Tegalwaru  Kabupaten  Purwakarta.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran STAD sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Cadassari yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji mann-whitney yang didahului dengan uji analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPS siswa. Penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Model pembelajaran STAD melatih siswa untuk belajar secara kelompok sehingga memberi kesempatan siswa untuk saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan tugas kelompok.

Keywords:

model pembelajaran STAD, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahagia, Y. P., Nurhasanah, N., & Maksum, A. (2022). Analisis Model Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 217-228.

Cita, E. F. (2016). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Kelas IV SDN Gugus Dr. SoetomoBatang.

Creswell, J W & Creswell, J.D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.

Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39

Djunaedi, R. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Stad Berbantuan Media Busepia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Febriani, L. W. (2017). Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas Iv Mi Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek.

Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang Wera. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1).

Laila, M. J. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Darul Huda Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mandira, N., Muslimin, M. M., & Djabba, R. D. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education.

Muryaningsi, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Sosial Dalam Pemebelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Sd Di Kelurahan Pagar Dewa Skripsi (Doctoral dissertation, Uin Fas Bengkulu).

Nabilla, T. N. (2022). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Draft Skripsi (Doctoral dissertation, Fkip Unpas).

Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828-4838.

Octavia, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pecahan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2904-2911.

Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91–99. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/94

Pawara, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Pelawi, A. S. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Bertingkat Berastagitahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).

Rahmawati, I. (2018). Keefektifan Model Student Teams Achivement Division Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Bintoro 01 Demak. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 3(1), 1-7.

Restikawati, I., Santosa, A., & William, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.71

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam R&B. Bandung: Alfabeta.

Ulpiana, dkk (2021). Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TGT Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF).

Warso, A. W. D. D. (2017). Penilaian sikap, Pengetahuan dan Keterampilan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha cendekia.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol, 4(1).

Downloads

Abstract Views : 794
Downloads Count: 494

Published

2022-12-24

How to Cite

Lesmana, A., Handayani, H., Somantri, M., Aisah, S., & William, N. (2022). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1411–1421. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3408

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.