Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3408Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 1 Cadassari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran STAD sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Cadassari yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji mann-whitney yang didahului dengan uji analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPS siswa. Penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Model pembelajaran STAD melatih siswa untuk belajar secara kelompok sehingga memberi kesempatan siswa untuk saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Keywords:
model pembelajaran STAD, hasil belajarDownloads
References
Bahagia, Y. P., Nurhasanah, N., & Maksum, A. (2022). Analisis Model Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 217-228.
Cita, E. F. (2016). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Kelas IV SDN Gugus Dr. SoetomoBatang.
Creswell, J W & Creswell, J.D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.
Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39
Djunaedi, R. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Stad Berbantuan Media Busepia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Febriani, L. W. (2017). Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas Iv Mi Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek.
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang Wera. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1).
Laila, M. J. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Darul Huda Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mandira, N., Muslimin, M. M., & Djabba, R. D. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education.
Muryaningsi, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Sosial Dalam Pemebelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Sd Di Kelurahan Pagar Dewa Skripsi (Doctoral dissertation, Uin Fas Bengkulu).
Nabilla, T. N. (2022). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Draft Skripsi (Doctoral dissertation, Fkip Unpas).
Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828-4838.
Octavia, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pecahan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2904-2911.
Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91–99. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/94
Pawara, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).
Pelawi, A. S. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Bertingkat Berastagitahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).
Rahmawati, I. (2018). Keefektifan Model Student Teams Achivement Division Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Bintoro 01 Demak. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 3(1), 1-7.
Restikawati, I., Santosa, A., & William, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.71
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam R&B. Bandung: Alfabeta.
Ulpiana, dkk (2021). Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TGT Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF).
Warso, A. W. D. D. (2017). Penilaian sikap, Pengetahuan dan Keterampilan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha cendekia.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol, 4(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Atep Lesmana, Hany Handayani, Mubarok Somantri, Siti Aisah, Nanda William

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work