Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713Keywords:
model mind mapping, media manipulative, pemahaman konsepAbstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang dimiliki siswa dalam mempelajarai IPA di sekolah dasar. Siswa yang memahami konsep IPA dapat mengetahui hubungan konsep satu sama lain sehingga bisa diterapkan untuk memecahkan masalah. Namun dari hasil observasi diketahui pemahaman konsep siswa kelas V SD 03 Puri Pati masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan model pmebelajaran mind mapping berbantuan media manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SD 03 Puri Pati dengan subjek uji sebanyak 24 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa setelah menerapkan model mind mapping pada siklus I memperoleh nilai 75,0 dengan presentase 78% dan ketuntasan siswa mencapai 66%. Peningkatan hasil pemahaman konsep pada siklus II sebesar 82,25 dengan presentase 83% dan hasil presentase ketuntasan siswa sebesar 83%. Penerapaan model mind mapping dengan media manipulatif dapat meningkatakan pemahaman konsep pada materi sumber daya alam.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizqi Bangun Rahmawati, Sekar Dwi Ardianti, Wawan Shokib Rondli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work