Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940Abstract
Pentingnya pemahaman konsep matematika dalam pendidikan dasar mendorong penelitian ini untuk menguji efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III di Mataram. Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan kelompok eksperimen (yang menerima pembelajaran RME) dan kelompok kontrol (yang mengikuti pembelajaran konvensional). Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mencapai peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan kelompok kontrol.Hasil pre-test dan post-test pemahaman konsep matematika menunjukkan bahwa siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari 75,21 ke 73,16, sementara siswa kelompok kontrol hanya meningkat dari 69,21 ke 66,90. Uji statistik mengkonfirmasi perbedaan signifikan ini dan menegaskan bahwa penerapan RME berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, pengamatan terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME. Pembelajaran yang berbasis pada kehidupan nyata ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu siswa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah matematika mereka. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pendekatan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran RME membantu siswa memahami konsep matematika dengan mendalam dan menghubungkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka.
Keywords:
Model Pembelajaran RME, Pemahaman Konsep, Matematika SiswaDownloads
References
Archi, M. M., Umar, U., Rosyidah, A. N. K., Fauzi, A., & Hidayati, V. R. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2).
Asri, F. & Noer (2015). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1), 109-116.
Amalia & Ekawati. (2016). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Bahan Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 28-42.
Bunga, N., Isrok’atun, & Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441-450.
Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Bandung : Yrma Widya.
Eva S., Asrin, A., & Umar, U. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Sekarbela. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).
Handini, A., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 2 sd se-gugus i kecamatan narmada. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 7(1), 163-169.
Indana, F. M., Hanief, M., & Zakaria, Z. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 269-283.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 229-235. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/6928/
Lestari, D., A., & Saadati, B., A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(2), 89-104.
Linda, L. (2021). Pengembangan Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematic Educations (Rme) Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Murizal, A., Yarman, Y., & Yerizon, Y. (2012). Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 1(1), 19-23.
Maulyda, M., A., Umar, Rosyidah, A., N., K., Fauzi, A., & Hidayati, V., R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2400-2414
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690.
Susanto (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 44-53.
Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 7(2), 12-19.
Widana, I. W. (2021). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal elemen, 7(2), 450-462.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Apriyanti, Asrin, Asri Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work