Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

Authors

  • Anggitasari Rudyana Putri Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162

Keywords:

model, scramble, kemampuan membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan kemampuan membaca pemahaman yang rendah pada siswa. Hal tersebut terjadi kerena proses pembelajaran dilakukan secara konvensional belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran scramble. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif pre-eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest. Pelaksanan penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 di SD 4 Karangbener. Jumlah sampel terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pretest dan posttest, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan model scramble berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi siswa kelas III di SD 4 Karangbener. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model scramble berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R. S., Yunus, M., Bosowa, U., Dasar, P., & Bosowa, U. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan metode scramble. 2(3), 65–73. http://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/84

Ardianti, sekar dwi, Ulya, H., & Ismaya, erik aditia. (2018). PAKEM dalam Kurikulum 2013 ( sekar dwi Ardianti (ed.); cetakan pe). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca (K. P. U. Offset (ed.); Cetakan ke). PT Raja Grafindo Persada.

Dika Zuchdan Sumira, Deasyanti, T. H. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Metode Scramble. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 70–76.

Elisabeth, L. R. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran scramble wacana pada siswa kelas IV. Didaktika Dwija Indria, 1, 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/40002

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 7. https://jurnaldidaktika.org/

Humairoh, S., & Rahman. (2016). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dan Cooperative Script(Cs) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 11(1), 8–20.

Karyana, C., & Akbar, A. (2019). Application of Scanning Techniques in Improving the Critical Reading Ability of Elementary School Students in Cikurubug. Didaktika: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/28091/pdf

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Marlina, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Scramble Pada Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 002 Benteng Kecamatan Sungai Batang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 409. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4532

Marlini, cut, & Simatupang, Y. J. (2017). Penerapan Teknik Scramble Wacana Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn 32 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 4(2), 211–228.

Murtono, M., & Ahsin, S.Pd., M.Pd., M. N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Etnolinguistik Berbasis Nilai-Nilai Islam Nusantara Untuk Mahasiswa Pgsd. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3197

Rohmah, S. A., Fakhriyah, F., Ardianti, S. D., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model CTL Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 185. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose KR (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4752.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162

Most read articles by the same author(s)