Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan kemampuan membaca pemahaman yang rendah pada siswa. Hal tersebut terjadi kerena proses pembelajaran dilakukan secara konvensional belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran scramble. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif pre-eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest. Pelaksanan penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 di SD 4 Karangbener. Jumlah sampel terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pretest dan posttest, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan model scramble berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi siswa kelas III di SD 4 Karangbener. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model scramble berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Keywords:
model, scramble, kemampuan membaca pemahamanDownloads
References
Andriani, R. S., Yunus, M., Bosowa, U., Dasar, P., & Bosowa, U. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan metode scramble. 2(3), 65–73. http://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/84
Ardianti, sekar dwi, Ulya, H., & Ismaya, erik aditia. (2018). PAKEM dalam Kurikulum 2013 ( sekar dwi Ardianti (ed.); cetakan pe). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca (K. P. U. Offset (ed.); Cetakan ke). PT Raja Grafindo Persada.
Dika Zuchdan Sumira, Deasyanti, T. H. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Metode Scramble. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 70–76.
Elisabeth, L. R. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran scramble wacana pada siswa kelas IV. Didaktika Dwija Indria, 1, 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/40002
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 7. https://jurnaldidaktika.org/
Humairoh, S., & Rahman. (2016). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dan Cooperative Script(Cs) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 11(1), 8–20.
Karyana, C., & Akbar, A. (2019). Application of Scanning Techniques in Improving the Critical Reading Ability of Elementary School Students in Cikurubug. Didaktika: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/28091/pdf
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616
Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Marlina, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Scramble Pada Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 002 Benteng Kecamatan Sungai Batang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 409. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4532
Marlini, cut, & Simatupang, Y. J. (2017). Penerapan Teknik Scramble Wacana Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn 32 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 4(2), 211–228.
Murtono, M., & Ahsin, S.Pd., M.Pd., M. N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Etnolinguistik Berbasis Nilai-Nilai Islam Nusantara Untuk Mahasiswa Pgsd. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3197
Rohmah, S. A., Fakhriyah, F., Ardianti, S. D., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model CTL Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 185. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose KR (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4752.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anggitasari Rudyana Putri, Sekar Dwi Ardianti, Diana Ermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work