Analisis Tingkat Efektivitas Media Dakwah Melalui Lisan dan Tulisan pada Mahasiswa di Era 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8372Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan mendasar pada era 4.0 dan implikasinya terhadap paradigma komunikasi masyarakat. Fokus utama penelitian adalah pada peran mahasiswa sebagai konsumen, produsen konten digital, dan agen dakwah. Hasil temuan menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, podcast, dan blog efektif dalam menyampaikan pesan dakwah. Meskipun variasi tingkat keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan dakwah telah teridentifikasi, pemahaman mengenai efektivitas media dakwah di era 4.0 masih memiliki ruang kosong. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut dan meningkatkan peran mahasiswa sebagai penyalur nilai-nilai dakwah. Adanya perubahan substansial dalam teknologi informasi dan komunikasi pada era 4.0 mendorong munculnya strategi baru dalam pemanfaatan media dakwah. Media sosial, podcast, dan blog diidentifikasi sebagai platform yang efektif, di mana media sosial memungkinkan interaksi langsung, dan podcast/blog menyediakan wadah untuk menyampaikan pesan dengan lebih mendalam. Namun, pemahaman sejauh mana mahasiswa berpartisipasi dalam penggunaan dan dampak efektivitas media dakwah perlu diperdalam. Perbandingan antara media dakwah lisan dan tulisan di kalangan mahasiswa juga masih perlu diuraikan lebih rinci, membatasi pemahaman mengenai strategi yang optimal. Pendekatan penelitian ini mengusung metode deskriptif kualitatif dengan analisis literatur untuk menyelidiki efektivitas media dakwah lisan dan tulisan di era 4.0. Data diperoleh dari sumber literatur ilmiah yang membahas isu-isu relevan. Hasil penelitian menyoroti pentingnya interaksi sosial dan keterampilan berkomunikasi, dengan pemahaman mendalam terhadap preferensi mahasiswa terhadap media dakwah. Melalui strategi yang mengintegrasikan media lisan dan tulisan, dapat diciptakan sinergi yang efektif dalam menarik perhatian, meningkatkan pemahaman, dan mencapai tujuan dakwah di tengah revolusi industri 4.0.
Keywords:
Era 4.0, Mahasiswa, Media Dakwah, Interaksi Sosial, Efektivitas KomunikasiDownloads
References
Al-Haznur, M. F. H. Q. (2022). Metode Komunikasi Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Dakwah Di Radio Panorama 94,4 FM Desa Muara Lebak Banten [bachelorThesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60497
Aminudin, A., & Suradika, A. (2022). PELUANG DAN TANTANGAN DAKWAH BIL LISAN MELALUI YOUTUBE SEBAGAI METODE KOMUNIKASI DAKWAH. Perspektif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i1.197
Azisi, A. M., Qotrunnada, L., Fatah, M. A., & Zain, A. U. (2022). Islam Cerdas di Ruang Digital: Urgensi Peran Mahasiswa dalam Menebar Jala Moderasi Beragama di Media Sosial. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15444
Beranda Lembaga Demografi FEB UI. (n.d.). Retrieved January 14, 2024, from https://ldfebui.org/
Fairozi, A., & Ayu, S. (2020). A Digitalisasi Dakwah: Upaya Meningkatkan Daya Saing Islam Ramah di Era Pandemi. Jurnal Bimas Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i2.265
Hanifah Murzan, 411307076. (2018). Efektifitas Radio Assalam UIN Ar-Raniry dalam Penyampaian Pesan-pesan Dakwah [Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. http://library.ar-raniry.ac.id
Hendra, A. G. (2023). Retorika Dakwah Ustadzah Syifa Nurfadhilah Melalui Tiktok [bachelorThesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/74860
Hidayatulloh, M. T., & Sahid, K. A. (2020). GELIAT DAKWAH KALANGAN MILENNIAL TERDIDIK: MEMBACA ARAH PENYEBARAN INFORMASI KEAGAMAAN MELALUI GAWAI. Harmoni, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.32488/harmoni.v19i1.369
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (n.d.). Retrieved January 14, 2024, from https://lp2m.uinjkt.ac.id/id
Librianti, E. O. I., & Pratama, M. A. (2022). TRANSFORMASI TRADISI LISAN SEBAGAI SARANA DAKWAH: KAJIAN HISTORIS DAN TANTANGAN ERA DIGITAL. Journal of Community Development, 1(1), Article 1.
Maghfiroh, R. (2023). Inovasi Manajemen Dakwah sebagai Pendekatan Dakwah Islam pada Generasi Milenial di Desa Trahan Kabupaten Rembang. Jurnal Exact: Journal of Excellent Academic Community, 1(1), Article 1.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), Article 02. https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1373
Marti, A., Nuzuli, A. K., & Firtanosa, A. (2023). Peran Video Dakwah di Youtube dalam Meningkatkan Kesadaran Keagamaan pada Remaja di Era Digital. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37715/calathu.v5i2.3994
Munawara, M., Rahmanto, A., & Satyawan, I. A. (2020). Pemanfaatan Media Digital untuk Dakwah Pesantren Tebuireng: Studi pada Akun Media Sosial tebuireng.online. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 29–45. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3226
Noekent, V. N., & Kurniawan, A. (2020). INOVASI DAKWAH PERGURUAN TINGGI (STUDI NARATIF PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2822
Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618
Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media Dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.52593/mtq.02.2.01
Rina, R., Syah, E., & Kusumaningtyas, A. D. (2022). Analisis Pesan Dakwah dalam Novel Religi. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.52593/mtq.03.1.02
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Setiadi, A. A. F. (2023). Dakwah dalam Media Sosial (Studi Kasus Pemanfaatan Youtube Oleh Ulama Di Kabupaten Magelang Tahun 2021). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17088–17102. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9076
Sinambela, F. R., & Mutiawati. (2022). Implementasi Dakwah Bil-Lisan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.53678/elmadani.v3i02.910
Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). Alfabeta. //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hae Ruli Rusdi, Nur Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work