Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Self Confidence
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4696Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa masih sangat rendah. Maka dari itu perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari Self Confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari Self Confidence. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa apabila ditinjau dari Self Confidence di Desa Ngembal Kulon. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menyampaikan dan menerima suatu ide matematika secara lisan mauoun tulisan. Self Confidence atau yang dikenal dengan percaya diri merupakan keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk menampilkan perilaku tertentu atau mencapai target tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di Desa Ngembal Kulon dengan 6 subjek kelas V tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa subjek dengan kategori tinggi mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang sangat baik dan self confidence yang tinggi, sedangkan subjek dengan kategori sedang mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang cukup disertai dengan self confidence yang sedang, lalu subjek dengan kategori rendah mempunyai kemampuan komunikasi matematis rendah mempunyai self confidence yang rendah. Penelitian ini sebaiknya peserta didik lebih mengekspresikan self confidence kedalam kehidupan sehari-hari, agar guru lebih mudah dalam memahami self confidence yang terdapat dalam setiap peserta didik.
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Self ConfidenceDownloads
References
Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi komparasi tingkat kepercayaan diri (self confidence) siswa antara kelas homogen dengan kelas heterogen di sekolah menengah atas. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 44-47.
Aini, A. N., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence. MATHEdunesa, 11(3), 812-825.
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58-65.
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315-324.
Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono, M. (2021). Analisis kepercayaan diri (self-confidence) siswa dalam pembelajaran matematika melalui model problem based learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39-51.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Husna, A. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Kecamatan Lembah Gumanti. JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1).
National Council of Teacher Mathematics.(2000). Principle And Standarts For School Mathematich. USA : NCTM.
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266-277.
Patty, S., Wijono, S., & Setiawan, A. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kontrol Diri, Dan Jenis Kelamin Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Kristen YPKPM Ambon. Psikodimensia, 15(2), 204-235.
Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253-266.
Rahmawati, W., & Siswanto, R. D. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Confidence selama Masa Pandemi Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 224-238.
Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education, 1(2), 344-352.
Rini, R. H. A., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Tinjau Dari Self Confidence Siswa MTs. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 34-43.
Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Spldv Di Kelasviii Smpn 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-14.
Setyaningrum, A., Ariyanto, L., & Sutrisno, S. (2017). Pengaruh Self-Confidence terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII. In SENATIK 2017.
Sidik Anwar., Ramlah & Utami, MR. (2017). The Relationship Between Self-Confidence with the Mathematics Communication Ability of Junior High School Students. Proceedings Seminar National Mathematics and Education Mathematics. SESIOMADICA. ISBN: 978-602-60550-1-9:222-226.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19-28.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yeni Pratiwi, Sekar Dwi Ardianti, Henry Suryo Bintoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work