Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Dian Pramesti Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578

Keywords:

aplikasi nearpod, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dapat dilakukanadalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang memfasilitasi melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media interaktif Nearpod untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul. Penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul, Kaliwungu, Kudus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli materi dan media (V-aiken), serta angket respon guru dan siswa. Pada hasil angket validasi ahli materi mendapat nilai rata-rata total sebesar 0,88 dengan kategori “sangat layak” dan pada hasil angket validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,77 dengan kategori “layak”. Pada hasil angket respon guru mendapatkan skor sebesar 96% dan pada hasil angket respon siswa mendapat skor sebesar 97%. Pada keefektifan media pembelajaran aplikasi Nearpod diukur dari nilai pretest yang mendapatkan skor sebesar 50,57% dan nilai posttest yang mendapatkan skor sebesar 76%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran aplikasi Nearpod layak digunakan dan dapat terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasV SDN 2 Blimbing Kidul, Kaliwungu, Kudus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, S. D., Dewi, S. P., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 127-132.

Badriyah, L. (2021). Pengembangan Model Online Learning Berbasis Nearpod dalam Melatih Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadis di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322-2329.

Desvianti. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1201–1211.

Dyer, P., & Hunt, A. (2015, April). Using mobile technology for active learning in lectures-comparing interactive tools. In apt2015.

Faradisa, F. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Inanta, R., Zulhaji, Z., & Indrayani, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418-424.

Khoir, M. H., Murtinungraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453.

Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.

Melmambessy Moses. (2012). 52443-ID-analisis-pengaruh-pendidikan-pelatihan-d. In Analisis Pengaruh pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja: Vol. Volume 12 (pp. 18–36).

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. Google Scholar

Muallifah, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SDN 1 Wulung Blora. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Pena Literasi, 4(2), 80-91.

Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124-134.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016, Desember). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 147-167.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Sidiq, D. A., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020, September 3). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243-250.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa Smp di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 203–218. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3258.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578

Most read articles by the same author(s)