Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Program Linear

Authors

  • Sipromia Dethan Sekolah Lentera Harapan Labuan Bajo
  • Wiyun Philipus Tangkin Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2054

Keywords:

pemahaman konsep, metode nht, program linear

Abstract

mengaplikasikan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun, fakta yang ditemukan pada siswa kelas XI IPS di salah satu sekolah di Tangerang yaitu: kurangnya penguasaan konsep prasyarat, ketidakmampuan untuk menyatakan ulang masalah program linear ke dalam Sistem Pertidaksamaan Linear (SPL), dan mengarsir daerah penyelesaian dari SPL pada diagram Cartesius. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mampu untuk menyelesaikan masalah program linear, dan berdasarkan hasil tes pemahaman konsep ditemukan hanya tiga dari tujuh siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan dua tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui metode NHT dapat atau tidak dapat meningkatkan pemahaman konsep, dan mengetahui langkah-langkah penerapan metode NHT untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi program linear. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas menurut Robert P. Pelton. Indikator untuk mengukur pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang apa yang telah dipelajari, memberi contoh atau kontra contoh dari konsep yang dipelajari, serta menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu untuk menentukan penyelesaian masalah. Berdasarkan dua kali penerapan metode NHT, hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada indikator pemahaman konsep dengan persentase jumlah siswa yang lulus pada masing-masing indikator sebesar 14,3%, 85,7%, dan 57,1%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dan langkah-langkah metode NHT antara lain penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sipromia Dethan, Sekolah Lentera Harapan Labuan Bajo

Guru di Sekolah Lentera Harapan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

References

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015, April). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 59-66. Retrieved December, 2018. 60.
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayana, J. (2014). Model pembelajaran dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kosasih. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran. Bandung: Yrama Widya. 13.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika- panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian, dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi disertai dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis. Bandung: PT Refika Aditama. 34, 237
Lisma, Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017, September). Penerapan model Learning Cycle (LC) 7E sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep aspek menafsirkan dan menyimpulkan data pada materi Kalor kelas X SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika (JIPF), II(2), 35-37. Retrieved Maret 4, 2019.
Mahmud, D. (2017). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Pelton, R. P. (2010). Action research for teacher candidates. Unites States: R&L Education.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 261.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Siswanto, & Supraptinah, U. (2009). Matematika inovatif 3 : Konsep dan aplikasinya untuk kelas XII SMA dan MA Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 35.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara. 71.
Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan PMR dalam poko bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 33-38. Retrieved December, 2018.
Viyanti, Cari, Sunarno, W., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pemberdayaan keterampilan argumentaso pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), VII, 43-48. doi:http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1152.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Dethan, S., & Tangkin, W. P. . (2022). Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 537–551. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2054

Issue

Section

Articles