Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aji Prasetyo Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Univeristas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDN Sembaturagung 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di SDN Sembaturagung 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dengan mengambil subjek orang tua, guru dan anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak game online terhadap prestasi belajar siswa mengalami penurunan prestasi belajar. Selain itu berdampak pada cara bicara, Kesehatan mata dan pendengaran berkurang, tidak bisa membagi waktu dan sikap yang kurang sopan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa game online berdampak bagi siswa yang apabila di lanjutkan akan mempengarui prestasi belajar semakin berkurang, dengan factor pendukung lingkungan sekitarnya yang kurang baik. Saran saya adalah orang tua harus lebih memperhatikan anak khususnya pada saat belajar dan mengontrol proses belajar siswa. Bagi guru bisa berkomunikasi dengan orang tua saat anaknya bermasalah, dan untuk penelitian selanjutnya semoga penelitian ini bermanfaat bagi para peneliti.

Keywords:

Game Online, Prestasi Belajar, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, E. S. (2021). Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini melalui bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27-37.

Djamarah, S. B. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ermawati, Y. E., Oktrifianty, E., & Muttaqijn, I. (2022). Peran orang tua dan guru dalam mebimbing pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Poris Plawad 2 Kota Tangerang. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).

Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 534-541.

Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1-10.

Janttaka, N. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 132-141.

Khoiriyah, S. (2019). Dampak Game Onlineterhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksaan Ibadah Sholat Lima Waktu Di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47-58.

Moeslichatoen, R. (1998). Metodologi Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnamasari, V., & Wakhyudin, H. (2020). Dampak game online pubg terhadap perilaku prokrastinasi siswa. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 30-38.

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98-103.

Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1).

Rosyid. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Downloads

Abstract Views : 10713
Downloads Count: 5357

Published

2023-03-27

How to Cite

Prasetyo, A., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 333–340. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.