Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDN Sembaturagung 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di SDN Sembaturagung 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dengan mengambil subjek orang tua, guru dan anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak game online terhadap prestasi belajar siswa mengalami penurunan prestasi belajar. Selain itu berdampak pada cara bicara, Kesehatan mata dan pendengaran berkurang, tidak bisa membagi waktu dan sikap yang kurang sopan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa game online berdampak bagi siswa yang apabila di lanjutkan akan mempengarui prestasi belajar semakin berkurang, dengan factor pendukung lingkungan sekitarnya yang kurang baik. Saran saya adalah orang tua harus lebih memperhatikan anak khususnya pada saat belajar dan mengontrol proses belajar siswa. Bagi guru bisa berkomunikasi dengan orang tua saat anaknya bermasalah, dan untuk penelitian selanjutnya semoga penelitian ini bermanfaat bagi para peneliti.
Keywords:
Game Online, Prestasi Belajar, Hasil BelajarDownloads
References
Anggraini, E. S. (2021). Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini melalui bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27-37.
Djamarah, S. B. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ermawati, Y. E., Oktrifianty, E., & Muttaqijn, I. (2022). Peran orang tua dan guru dalam mebimbing pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Poris Plawad 2 Kota Tangerang. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).
Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 534-541.
Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1-10.
Janttaka, N. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 132-141.
Khoiriyah, S. (2019). Dampak Game Onlineterhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksaan Ibadah Sholat Lima Waktu Di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47-58.
Moeslichatoen, R. (1998). Metodologi Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnamasari, V., & Wakhyudin, H. (2020). Dampak game online pubg terhadap perilaku prokrastinasi siswa. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 30-38.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98-103.
Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1).
Rosyid. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aji Prasetyo, Wawan Shokib Rondli, Diana Ermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work