Model Student Team Achievement Division Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Hana Kurnia Putri Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6153

Keywords:

Student Teams Achievement Division, Mind Mapping, Berpikir Kritis

Abstract

PPKn dan IPS merupakan muatan materi pelajaran yang diberikan kepada siswa di sekolah dasar. Tujuan dari muatan pembelajaran tersebut salah satunya adalah untuk melatih siswa berpikir kritis. Namun kenyataanya, hasil studi menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa SD masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Mind Mapping dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model STAD berbantuan Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD 2 Wergu Wetan dengan sampel kelas V yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara deskriptif, kemampuan berpikir krits siswa sesudah menggunakan model STAD berbantuan Mind Mapping lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hasil uji hipotesis dengan uji beda rata-rata juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sesudah perlakukan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Di samping itu, nilai N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria peningkatan sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model STAD berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, K. D. W., & Al-Wahid, S. M. A. (2020). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Mind Mapping Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Biokimia. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Anwar, E.K., Husnaepi. dan Royani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Biologi (Bioscientist), 3 (1), 18-26.

Arum, Masfuah, & Khamdun. (2020). Permainan Lempar Gelang Menggunakan Model STAD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. 1-10.

Azizah, Mira, dkk. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35 (1), 61-70.

Damayanti, A., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 197-210.

Dewi, G. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 1(1), 8–18.

Hidayah, R.N., Sulasmono, B.S. dan Widyanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JIAM). 3 (1), 34-39.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Kertayasa, I Ketut. (2014). Indonesia PISA Center, [Online], (http://www.indonesiapisacenter.com/2014/03/tentangwebsite.html?m=1), diakses pada tanggal 19 Desember 2022.

Kesuma, P. M. H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Ma’rifah, Nurul. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran PKN Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Masfuah, S. dan Pratiwi, I. (2020). THE Impact Of Environmental-Carecharacter To Students’critical Thinking Through The Learning Of Socio-Scientific Issue (SSI) With Pictorial Riddle Method. International Conference On Education, 1 (1) 1-7.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68.

Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan Metode Diskusi Untuk Mengaktifkan Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36-46.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoristis dan Praktis. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. P., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. 2020. Pembelajaran IPA Dengan Model STAD Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 191-202.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran (8th ed.). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sulistiani, e., Budiarti, R.S. dan Muswita. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Lintas Minat pada Pembelajaran Biologi Kelas X IIS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 1-19.

Sumitadewi, Wesnawa & Astawa. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Jurnal Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 126 – 140.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Swadarma, & Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yuliana. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Controversial Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Prabumulih. Jurnal BhinnekaTunggal Ika. 2 (2), 148-156.

Yulanda, N., Mukhni, & Fauzan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Padang. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1), 61-67.

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196-205.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Putri, H. K., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2023). Model Student Team Achievement Division Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1769–1776. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6153

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>