Pola Asuh Single Parent Berpendidikan Rendah Dalam Pendidikan Anak

Authors

  • Nova Riyanti Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Univeristas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4703

Keywords:

pola asuh, single parent, berpendidikan rendah, pendidikan anak

Abstract

Pola asuh merupakan faktor penting dalam mengembangkan kreativitas anak atau menghambat pertumbuhannya. Orang tua tunggal (single parent) adalah hasil dari perceraian atau perpisahan, kelahiran atau kematian yang tidak sah. Padahal pendidikan adalah sejenis usaha manusia untuk mengembangkan potensi diri baik fisik maupun mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya pendidikan orang tua tunggal (single parent) berpendidikan rendah dalam mengasuh anak dan hambatan orang tua tunggal (single parent) berpendidikan rendah dalam Pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Taknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima keluarga tunggal (single parent) berpendidikan rendah meliputi dua keluarga tunggal disebabkan karena salah satu pasanganya meninggal dunia, dua keluarga tunggal disebabkan karena perceraian dan satu keluarga tunggal disebabkan karena salah satu pasangannya telah pergi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya pengasuhan orang tua tunggal (single parent) berpedidikan rendah dalam pendidikan anak menerapkan model pengasuhan demokratif dan model pengasuhan pesuasif dalam pengasuhan anak. Orang tua tunggal (single parent) berpendidikan rendah menghadapi empat hambatan yaitu kemampuan orang tua, kepribadian anak, ekonomi dan waktu luang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiyah, N. (2013). Pola asuh demokratis, kepercayaan diri dan kemandirian mahasiswa baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Anggraeni, P. N., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2022). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19 Di SDN Karaban 01. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Anisa, S. (2005). Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Asmanita, M., Madjid, N., & Maspika, S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin (Doctoral dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddinjambi).

Aziz, O. F. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga (Studi Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 158-171.

Cresswell, M. J. (2016). Logics and languages. Routledge.

Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga Pada Proses Pembelajaran E-Learning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 2(2), 1-6.

Elis, D. Y. (2017). Pola Pendidikan Anak Pada Keluarga Penambang Pasir Di Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(7), 702-709.

Erlanti, M. S., Mulyana, N., & Wibowo, H. (2016). Teknik parenting dan pengasuhan anak studi deskriptif penerapan teknik parenting di rumah parenting yayasan cahaya insan pratama bandung. Prosiding Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 3(2).

Erzad, A. M. (2018). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414-431.

Fitria, L., Su’ad, S., & Rondli, W. (2022). The Influence of Parent Parenting Patterns and Learning Motivation on the Learning Outcomes of Citizenship Participants in Class V Elementary School in Gugus Sultan Agung, Guntur District, Demak Regency. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 277-285.

Hurlock, B. E. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta; Erlangga.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Lestari, P. B. S., Susanti, S., & Indriyani, S. (2013). Hubungan antara pola asuh otoritatif dengan kemandirian pada siswa kelas XI jurusan akuntansi SMKN 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(2), 54-69.

Nuryatmawati, A. M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81-92.

Papalia, E. D., Olds, S.W., Feldman, R.D. (2009). Human Development (eleventh edition). New York: McGraw-Hill.

Rohmatun, R. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Self-Efficacy Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 9(2), 1-14.

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.

Romauli, S., & Vindari, A. V. (2009). Kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rozali, Y. A. (2015). Kecerdasan interpersonal remaja ditinjau dari penerapan pola asuh orang tua. Jakarta: Univeritas Esa Unggul.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Sari, I. F., & Sumiati, S. (2022). Pola Asuh Ibu Rumah Tangga yang Berkarir dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(01), 25-30.

Sary, Y. N. E. (2021). Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua Tunggal Dengan Frekuensi Makan Dan Status Gizi Remaja. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 8(2), 93-99.

Siahaan, Y. E., Sutapa, P., & Yus, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1472-1486.

Siswanto, D. (2020). Anak di Persimpangan Perceraian: Menilik Pola Asuh Anak Korban Perceraian. Airlangga University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasteri, S. R. I., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-faktor penyebab keterlambatan mahasiswa uin alauddin makassar menyelesaikan skripsi. Idaarah, 3(1), 96-113.

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479-4492.

Susilawati, L. R. (2020). Peran Dan Tantangan Orang Tua Dalam Mengajarkan Tat Twam Asi Pada Anak Di Desa Lembah Mukti. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu, 11(2), 88-105.

Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128-137.

Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Anak Usia Dini di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal buah hati, 5(1), 1-13.

Tridonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Riyanti, N., Setiawan, D., & Rondli, W. S. (2023). Pola Asuh Single Parent Berpendidikan Rendah Dalam Pendidikan Anak . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 507–514. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4703

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)