Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Soal Pisa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8662Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang penting yang harus dimiliki siswa. Salah satu faktor yang mendukung siswa dalam menyelesikan masalah matematis adalah motivasi belajar. kurangnya konsentrasi saat belajar, kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, tidak berupaya untuk menyelesaikan tugas dengan baik dapat menjadi salah satu penyebab kesulitan dalam memecahkan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan soal PISA konten kuantitas (quantity) yang ditinjau motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan densn metode kualitatif jenis deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes dan non-tes, subjek penelitian adalah kelas XI di SMAN 1 Sukaraja yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik pada tahap mengenali/menyajikan masalah, mendefinisikan masalah, mengembangkan beberapa hipotesis, menguji beberapa hipotesis, dan memilih hipotesis terbaik. (2) siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, belum dapat dikatakan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik dimana siswa hanya mampu mengenali/menyajikan masalah, mendefinisikan masalah, dan menguji beberapa hipotesis. (3) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, belum memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik dimana siswa belum mampu mendefinisikan masalah, mengembangkan beberapa hipotesis, menguji beberapa hipotesis, dan memilih hipotesis terbaik.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, soal PISA konten kuantitas
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, soal PISA konten kuantitasDownloads
References
Alfi, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Matematis Dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) Pada Konten Kuantitas Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Takalar
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. 5(2).
Fadilah, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah.
Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. 1(6), 373–380.
Hidayah, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas x ma al asror kota semarang.
Jacob, C. (n.d.). Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. FPMIPA UPI.
John, T., Pada, D., & Trigonometri, M.. Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori john dewey pada materi trigonometri.
Penelitian, J., Matematika, P., Nur, I., Rokhmatillah, F., Manoy, J. T., Fardah, D. K., … Nahdi, J. (2019). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Self-Efficacy
Pertama, S. M. (n.d.). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN UNCERTAINTY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH.
Pujiastuti, H. (2020). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA yang baru pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia . Akan tetapi dalam kenyataannya dalam pembelajaran di kelas , sehingga siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran , agar. 4(1), 1–10.
Rambe, F. Y. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret.
Riski, F., Marethi, I., & Rafianti, I. (2019). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP. 02(02), 11–23.
Sd, D. I., & Bengkulu, N. (2021). MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19 IBTIDAIYAHJURUSAN TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) BENGKULU.
Sumartini, T. S., & Matematis, K. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. . D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 06). https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546.
Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Surokarsan II Yogyakarta.
Syahril, R. F., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar Analysis of Mathematical Problem Solving Skills Of High School Students Grade XI SMAN 1 Bangkinang City Reviewed from Learning Style. 11(November 2021).
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2017). Dimas vajar oktaviana.
(Tarbiyah, Keguruan, Islam, & Raden, 2017)
Ulya, H., & Vol, G. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. 1, 263–278.
yelvia, stevi. (2019). analisis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis di sekolah mengenah kejuruan negeri 6 pekanbaru.
Yuaidah Ratna, Pujia Siti Balkist, Y. M. (2022). Jurnal PEKA ( Pendidikan Matematika ). 06(01), 1–9. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546.
Zanthy, L. S. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. 01(03), 94–100.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elena Mutialawati, Novi Andri Nurcahyono, Pujia Siti Balkist

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work