Efektivitas Model Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika

Authors

  • Erna Aprillia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2305

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu aspek terpenting dan mendasar dalam matematika. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang dapat menstimulus siswa untuk membangun pengetahuan penalarannya sendiri. Salah satu model pembelajaran dengan karakteristik tersebut adalah Connected Mathematics Project (CMP). Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran CMP terhadap kemampuan penalaran matematis dan kecemasan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah the nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMK di Karawang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang terdiri atas tiga soal tes uraian dan angket kecemasan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran CMP lebih tinggi daripada siswa pada pembelajaran konvensional. 2) persentase rata-rata sikap kecemasan siswa pada model pembelajaran CMP lebih rendah daripada siswa pada pembelajaran konvensional, dan 3) Efektifitas pembelajaran CMP terhadap kemampuan penalaran matematis dan kecemasan matematika tergolong tinggi.

Keywords:

Connected Mathematics Project (CMP), kecemasan matematika, Kemampuan Penalaran Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.p125-132.

Ashcraft, M.H., & Faust, M.W. (1994). Mathematics anxiety and mental arithmetic performance: An exploratory investigation. Cognition and Emotion, 8. 97–125.

Auliya, R. N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kecemasan Matematika. Jurnal SAP, 2(2).

Cohen, J (1992). A power primer. Psychological Bulletin. 112 (1): 155–159. doi:10.1037/0033-2909.112.1.155.

Fatimah, A. T. (2020). Karakteristik Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Kompetensi Keahlian Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Awal Matematis.Thesis di Publikasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

FitzSimons, G.E. (2014).Commentary on vocational mathematics education: where mathematics education confronts the realities of people’s work. Educ Stud Math. 86 (2).

Lacroix, L. (2014). Learning to see pipes mathematically : preapprentices’ mathematical activity in pipe trades training. https://doi.org/10.1007/10649-014-9534-6

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika, Edisi Ketiga. Bandung: Refika Aditama.

Mulyani, A.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Nurmila. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Matematika dan Kesulitan Belajar dengan Perilaku Belajar Siswa di SMPN 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Purnamasari, W. (2013). Penerapan Model Connected Mathematics Project (Cmp) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP: Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizta, A., Antari, L. (2019). Tingkat Mathematics Anxiety Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1). 9-20.

Sari, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1).

Sawilowsky, S. (2003). Deconstructing Arguments from the Case Against Hypothesis Testing. Journal of Modern Applied Statistical Methods. 2 (2): 467–474.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi. (2003). Hasil belajar Matematika: Studi Korelasi Antara Konsep Diri, Kecemasan dan Hasil Belajar Martematika Siswa SD Kelas V. Thesis, Universitas Negeri Jakarta.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wafirah, M., Asih T. (2019) Mathematical reasong and math anxiety on connected mathematics project based on quantum learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 8 (1), 104-110

Yulia, Winda. (2012). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Skripsi di Publikasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuliana, Nelly. (2013). Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (DI) Terhadap Kecemasan Matematika (Math Anxiety), Peningkatan Kemampuan Pemahaman, dan Penalaran matematis Siswa SMK: Studi Kuasi Eksperimen pada SMK Salah Satu di Kabupaten Bangka Bangka Tengah. Skripsi di Publikasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Abstract Views : 1143
Downloads Count: 989

Published

2022-08-01

How to Cite

Aprillia, E., & Lestari, K. E. (2022). Efektivitas Model Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 873–882. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2305

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.