Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Langkah-Langkah Polya

Authors

  • Elma Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5003

Abstract

Tujuan dari riset ini, yaitu melihat kompetensi peserta didik saat memecahkan permasalahan matematis sesuai tahapan Polya. Penelitian ini dilaksanakan sesuai ketentuan penelitian kualitatif deskriptif dimana sebanyak tiga dari tujuh belas orang siswa kelas VII  pada salah satu SMP swasta di Kabupaten Karawang dipilih dengan teknik purposive sample atau dipilih berdasarkan tiga kategori, yakni masing-masing satu orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah, sedang, dan tinggi. Dari informasi yang diteliti, berdasarkan tahapan Polya dimana untuk siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah rendah tidak mempunyai keahlian dalam memenuhi semua indikator dalam pemecahan masalah matematis, yakni tidak dapat memahami masalah, tidak mampu untuk menetapkan rencana, tidak mampu untuk melaksanakan rencana dan tidak memverifikasi hasil pekerjaan. Untuk siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah tergolong sedang sudah mampu dalam memenuhi tiga indikator dalam pemecahan masalah matematis, yakni memahami masalah, menyelesaikan pemecahan masalah, dan memverifikasi hasil pekerjaan. Untuk siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah tergolong tinggi sudah mampu memenuhi semua indikator dalam pemecahan masalah matematis, yakni memahami masalah, menetapkan rencana, menerapkan rencana dan memverifikasi hasil pekerjaan.

Keywords:

Pemecahan Masalah, Matematis, Tahapan Polya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmala, R.R., dkk., (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227-236.

Haryati, E., & Warmi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Daring. Jurnal On Education, 1(1), 1–7. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/50

Hasanah, F. N. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Gratak Tahun Ajaran 2017/2018. Naskah Publikasi, 13. http://eprints.ums.ac.id/70068/12/NASPUB.pdf

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinaju dari Teori Van Hiele. Tesis.

Hidayati, D. N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Indriyani, F., Nurcahyono, N. A., & Agustini, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving. Pythagoras, 7(2), 56-67.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Misbah. (2016). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–5. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3835

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Ramadanti Jaelani, Risma ; Hidayanti, N. (2021). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 44–58. https://repository.usd.ac.id/41056/1/7455_meningitis.pdf

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Roebyanto, G., dan Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk 35 PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 541–548.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Downloads

Abstract Views : 443
Downloads Count: 376

Published

2023-06-28

How to Cite

Elma, E., & Munandar , D. R. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1040–1050. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5003

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.