Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Lu'lu' Luthfiyyah Ayyasy Suhenda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah cara dimana siswa dapat mengungkapkan ide-ide matematika baik secara lisan, tulisan, seperti gambar/diagram, merepresentasikannya dalam bentuk aljabar, atau menggunakan simbol-simbol matematika. Penelitian ini dilatarb elakangi oleh data lapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide yang berkaitan dengan pemahamannya. Dalam hal ini, penulis menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII dengan menggunakan indikator komunikasi matematis dengan memilih subjek sebanyak 3 siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII saat menyelesaikan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mengenali, memahami, mengevaluasi dan menggunakan istilah, simbol, dan notasi untuk mewakili ide matematika meskipun tidak sempurna. Kemampuan komunikasi matematis sedang tidak mampu menguasai salah satu indikator kemampuan komunikasi matematis, namun subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah, lebih buruk dalam menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis.

Keywords:

Kemampuan Komunikasi, kualitafif, SPLDV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashim, M., Asikin, M., Kharisudin, I., & Wardono, W. (2019). Perlunya komunikasi matematika dan mobile learning setting problem based learning untuk meningkatkan kemampuan 4C di era disrupsi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 687-697).

Cahyati, R., Mustangin, M., & Hasana, S. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotiro. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(12).

Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 699-707.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-96.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.

Hendriyanti, H. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Gaya Belajar Kelas Viii Smp Aisyiyah Sungguminasa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar

Irawan, A. (2014). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 46-55.

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993-1004.

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75-82.

Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136-148.

Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77-86.

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125-134.

Shafira, R., Suanto, E.S., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan karakter serta pengembangan berfikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. In Seminar Pendidikan Matematika (Vol. 25).

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77-86.

Wahyuni, T. S., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18-23.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).

Downloads

Abstract Views : 7646
Downloads Count: 2880

Published

2023-06-30

How to Cite

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.