Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Sulistia Marlita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6597

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki bagi setiap siswa, siswa harus mampu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dan memilih strategi untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui kemampuan pemecahan masalah siswa MTs kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII disalah satu MTs yang terdapat di Kabupaten Karawang dari total keseluruhan kelas ada 20 siswa yang menjadi subjek pada penelitian pengumpulan data dengan menggunakan empat soal uraian materi SPLDV dan observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data penelitian dimana setiap soalnya mewakili setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Memakai instrument berwujud soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis di materi persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian didapatkan yaitu sejumlah 8 siswa (40) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah, sejumlah 7 siswa (35%) dengan kategori sedang serta sejumlah 5 siswa (25%) dengan kategori tinggi. Bisa ditarik kesimpulan yakni kemampuan pemecahan matematis siswa MTs kelas VIII dalam menyelesaikan pada materi persamaan liniear dua variabel masih tergolong rendah diharapkan siswa terus belajar agar kemampuan dalam memecahkan masalah matematis.

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear, Dua Variabel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, H. E. E. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(5), 887–894.

Beltekin, E., & Kuyulu, İ. (2020). Relationship between digital game playing motivation and problem solving skill. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 196–201. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.196.201

Gabriella, J., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 454–458.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT RajaGrafindo Persada.

Jaelani, R. R., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 156–168. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2765

Krismadinata, K., Anwar, A., & Akbar, J. (2021). Pengembangan Training KIT pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 89–98.

Ngilawajan. 2013. “Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 100–109.

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meninkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficaicy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Yin, R. K. (2018). Case study reseach and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5).

Downloads

Abstract Views : 548
Downloads Count: 393

Published

2024-01-03

How to Cite

Marlita, S., & Adirakasiwi, A. G. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 37–43. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6597

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.