Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6597Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki bagi setiap siswa, siswa harus mampu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dan memilih strategi untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui kemampuan pemecahan masalah siswa MTs kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII disalah satu MTs yang terdapat di Kabupaten Karawang dari total keseluruhan kelas ada 20 siswa yang menjadi subjek pada penelitian pengumpulan data dengan menggunakan empat soal uraian materi SPLDV dan observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data penelitian dimana setiap soalnya mewakili setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Memakai instrument berwujud soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis di materi persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian didapatkan yaitu sejumlah 8 siswa (40) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah, sejumlah 7 siswa (35%) dengan kategori sedang serta sejumlah 5 siswa (25%) dengan kategori tinggi. Bisa ditarik kesimpulan yakni kemampuan pemecahan matematis siswa MTs kelas VIII dalam menyelesaikan pada materi persamaan liniear dua variabel masih tergolong rendah diharapkan siswa terus belajar agar kemampuan dalam memecahkan masalah matematis.
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear, Dua VariabelDownloads
References
Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, H. E. E. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(5), 887–894.
Beltekin, E., & Kuyulu, İ. (2020). Relationship between digital game playing motivation and problem solving skill. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 196–201. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.196.201
Gabriella, J., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 454–458.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT RajaGrafindo Persada.
Jaelani, R. R., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 156–168. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2765
Krismadinata, K., Anwar, A., & Akbar, J. (2021). Pengembangan Training KIT pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 89–98.
Ngilawajan. 2013. “Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).
Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 100–109.
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meninkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficaicy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Yin, R. K. (2018). Case study reseach and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulistia Marlita, Alpha Galih Adirakasiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work