PENGARUH GENDER DAN ROMBONGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BOARDING SCHOOL

  • Depi Ardian Nugraha Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Keywords: Gender, Rombongan Belajar, Reguler, Intensif, Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Boarding School Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020; untuk mengetahui pengaruh rombongan belajar (Reguler dan Intensif) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Boarding School Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020; serta untuk mengetahui pengaruh gender dan rombongan belajar (Reguler dan Intensif) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Boarding School Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang  digunakan yaitu metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Boarding School Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 13 kelas. Sampel yang terpilih sebanyak 4 kelas, yaitu kelas X (setara dengan kelas pada umumnya) laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini aladah dengan cara memberika tes kemampuan penalaran matematis, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Anova Dua Jalur dengan taraf signifikan 5%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tidak terdapat pengaruh yang signifikan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa boarding school Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020; terdapat pengaruh yang signifikan rombongan belajar (Reguler dan Intensif) yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa boarding school Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020; tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi gender (Laki-laki dan perempuan) dan rombongan belajar (Reguler dan Intensif) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa boarding school Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020

References

Anisa, Rizkiani. 2012. Pengaruh sistem boarding schoolterhadap pembentukan karakter peserta didik: Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut,Vol. 06; No. 01. [online] https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/45
Arifin, Z. (2021). Pendidikan Penelitian:Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta, Indonesia: Asdi Mahasatya.
Behaghel, L., Chaisemartin, C. de, & Gurgand, M. (2017). Ready for boarding? The effects of a boarding school for disadvantaged students. American Economic Journal: Applied Economics, 9(1), 140–164. doi: 10.1257/app.20150090
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Soemarmo, U.. (2017). Hard Skills And Soft Skills Matematik Siswa. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.
Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. (2011). Models of Teaching, edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Lestari, Resti mardiana, Rulli Charista Indra Prahmana. 2017. Model Guided Inquiry, Student Team Achievment Division dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Tadris Matematika. 10 (2), 153-165. [online] https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/119
Maksudin. (2006). Pendidikan Nilai Sistem Boarding School di SMP IT Abu Bakar. Disertasi.
Polya, G. (1977). On Solving Matematical Problem In High SchooL Problem Solving In Matematic. NCTM.
Relawati, R. (2011). Konsep dan Aplikasi Penelitian Gender. Bandung, Indonesia: Muara Indah
Santrock, J. W. (2007). Child Development, eleventh edition (Mila Rachmawati & Anna Kuswanti, Trans). Jakarta, Indonesia: Erlangga.
Smetackova, I. (2015). Gender Stereotypes, Performance and Identification with Math. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 190, 211–219. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.937
Sofyan, Deddy. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP (Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII di Satu SMPN di Kabupaten Garut). Tesis SPs UPI Bandung.
Sumarmo, U. (2013). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Dalam Suryadi, D., Turmudi dan Nurlaelah, E. (Penyelia), Kumpulan Makalah Berpikirdan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya (hlm. 147 –158).Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA UPI.
Sumartini, T.S (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa Vol. 4 No. 1 Tahun 2015, [online] https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1
Published
2020-11-25
How to Cite
Nugraha, D. A. (2020). PENGARUH GENDER DAN ROMBONGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BOARDING SCHOOL. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 232-241. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.599
Section
Articles